Blog

8 Oktober 2020

10 Dampak Buruk yang Bakal Muncul ketika Kamu Terlalu Lama Duduk

ilustrasi duduk. ©www.ctvnews.ca

Kondisi pandemi pada saat ini menyebabkan banyak orang berdiam dan bekerja dari rumah. Kondisi bekerja dari rumah ini tentu saja tidak ideal untuk dilakukan.

Salah satu masalah yang terjadi adalah kamu jadi harus duduk terlalu lama ketika bekerja dari rumah. Kebiasaan ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan dalam kehidupan.

Berbeda dari bekerja di kantor yang membuat seseorang harus berdiri dan bergerak untuk mengambil air atau hal lainnya, bekerja di rumah membuat mereka kurang gerak. Selain itu, hal ini juga bisa mengganggu rutinitas yang sebelumnya kamu miliki.

Kondisi ini membuatmu kurang terlibat pada aktiivitas fisik sehingga badan menjadi lebih banyak diam. Bahkan kerap kamu kamu dalam posisi tidur atau duduk dalam waktu terlalu lama.

Duduk terlalu lama bisa memberi dampak buruk yang berlebih pada tubuh. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah dampak buruk yang bakal muncul ketika kamu duduk dalam waktu yang terlalu lama.

Menyebabkan Kegemukan

Memperlambat Terbakarnya Kalori

Ketika duduk, tingkat pembakaran kalori turun hingga hanya satu kalori per menit. Hal ini berarti bahwa ketika kamu duduk selama satu jam, kamu membakar 60 kalori lebih sedikit dibanding ketika berdiri.

Ketik kamu berdiri, terdapat 300 kalori yang terbakar setiap hari. Membakar lebih sedikit kalori bisa membuatmu lebih mudah gemuk.

Membuat Perut Gemuk

Kamu bakal lebih cepat gemuk karena sel menjadi lebih berlemak. Hal ini membuat meningkatnya kadar kolesterol LDL, resistensi insulin, dan plasma triglyserida. Hal ini juga membuat tubuh memproduksi lebih banyak insulin pada tubuh.

Menurunkan Kondisi Tubuh

Memperlemah Tulang

Tulang bisa menjadi lemah dan kehilangan sejumlah kandungan mineral yang disebabkan karena duduk. Segala gerakan yang kamu lakukan bisa bermanfaat pada tulang. Oleh karena itu, kurangnya gerakan bisa membuat tulang menjadi rapuh dan lemah.

Memperlemah Sistem Kekebalan Tubuh

Ketika kamu kurang bergerak, sistem kekebalan tubuh mungkin tidak bekerja dengan baik. Kurangnya olahraga ini bisa membuat sistem kekebalan tubuh melemah dan berhenti berfungsi secara tepat.

Aktivitas fisik yang kamu lakukan bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ii bekerja dengan cara memperkuat sel di dalam tubuh yang mencegah bakteri dan virus menyerang tubuh.

Masalah Sirkulasi Darah

Mengganggu Sirkulasi Darah

Ketika kamu duduk terlalu lama tanpa bergerak, maka tubuh tidak mampu mengalirkan darah secara efisien ke kaki. Hal ini bisa berujung terjadinya penyumbatan arteri. Selain itu, mungkin muncul juga kesemutan serta kram di kaki yang bisa berujung pengumpalan darah.

Nyeri di Kaki

Duduk terlalu lama bisa memperlambat sirkulasi darah. Hal ini bisa menjadi penyebab munculnya gumpalan cairan di kaki. Masalah yang muncul dari kondisi ini bisa berupa kaki bengkak hingga varises.

Menyebabkan Masalah Punggung dan Tulang Belakang

Penyebab Sakit Punggung

Risiko kesehatan dari duduk terlalu lama bisa menjadi penyebab utama sakit punggung. Duduk terlalu lama bisa mengganggu lumbar tulang belakang dan menambah risiko cedera punggung bagian bawah.

Tulang Belakang yang Kaku

Tidak adanya gerakan pada tulang belakang bisa membuatnya rawan cedera. Ketika melakukan aktivitas, bantalan lunak antara tulang belakang berkembang dan mengalami kontraksi yang berusaha untuk menyerap darah dan nutrisi.

Masalah Lain yang Bisa Muncul

Hilang Ingatan

Duduk terlalu lama dan kurang bergerak bisa menyebabkan dampak drastis pada ingatan serta kemampuan perhatian seseorang. Seseorang yang duduk atau berbaring dalam waktu lama diketahui bisa mengalami disorienasi dan kurangnya konsentrasi. Kondisi ini bisa membuat seseorang terlupa terhadap instruksi yang diberikan dan sering ragu dalam melakukan suatu hal.

Penyakit Jantung

Seseorang yang kurang gerak mengalami peningkatan risiko serangan jantung dan strokes ketika menghabiskan waktu lama untuk menonton televisi. Seseorang 80 persen lebih rentan mengalami penyakit jantung dan arteri ketika kurang gerak.

Meregangkan tubuh atau sedikit berjalan merupakan hal yang penting dilakukan ketika bekerja dari rumah. Lebih baik lagi jika kamu juga dapat berolahraga. Hal ini bisa sangat membantu dalam mencegah dan megatasi masalah keseahtan yang mungkin muncul tersebut.

Sumber : merdeka.com

GAYA HIDUP, Kesehatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • 20 − sixteen =