Blog

20 Mei 2021

11 Makanan yang Pulihkan Tubuh Setelah Makan Besar Lebaran

Muslim woman sharing food at Ramadan feast (foto : freepik.com/rawpixel-com)

Sudah puas menikmati sajian Lebaran? Jika iya, maka sekarang adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk kembali memulihkan kondisi tubuh setelah makan besar di hari kemenangan.

Konsumsi makanan berlebih dapat memicu banyak masalah. Misalnya saja peningkatan kadar gula darah karena tubuh yang bekerja lebih keras dan memproduksi lebih banyak insulin dibanding biasanya.

Tak hanya itu, makan berlebih juga bisa membuat lemak menumpuk di tubuh. Apalagi jika mengingat menu Lebaran yang kaya akan lemak.

Oleh karena itu, sepekan setelah Hari Raya Idulfitri bukan waktu yang telat untuk mengembalikan kondisi tubuh.

Selain dengan berolahraga secara teratur, Anda juga bisa mengimbangi asupan makanan untuk membuat tubuh ‘normal’ kembali. Beberapa makanan diketahui dapat membuat tubuh ‘pulih’ setelah terlalu lelah mengonsumsi banyak makanan. Berikut mengutip WebMD.

1. Yogurt

Kekuatan probiotik yang dimiliki yogurt dapat membantu mengatasi masalah perut yang disebabkan oleh makan berlebih. Bakteri baik yang disebut Lactobacillus dapat menyeimbangkan bakteri jahat di dalam sistem pencernaan.

2. Pisang

Apakah Anda mengalami peningkatan tekanan darah akibat terlalu banyak mengonsumsi garam? Jika iya, maka hentikan lonjakan darah dengan konsumsi pisang.

Pisang dikemas dengan kandungan potasium yang dapat meringankan efek diet tinggi natrium dan membantu menurunkan tekanan darah.

3. Oatmeal

Sarapan oatmeal akan menjadi mulai yang baik dalam satu hari. Anda akan mendapatkan 1-2 gram serat yang membantu menurunkan kolesterol dengan membuangnya dari tubuh sebelum dapat disimpan dan menumpuk.

4. Teh hijau

Secangkir teh hijau tanpa gula dapat membantu kadar kolesterol jahat akibat kandungan flavonoid yang ada di dalamnya. Teh hijau juga dapat membantu mengontrol tekanan darah.

5. Kacang-kacangan

Jadikan kacang-kacangan sebagai camilan setelah Anda puas berpesta dengan sajian Lebaran. Kacang almond, kenari, kacang tanah, dan kacang lainnya yang mengandung asam lemak omega-3, lemak tak jenuh, serta vitamin E dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan melindungi pembuluh darah Anda.

6. Telur

Telur mengandung banyak nutrisi sehat yang diperlukan tubuh. Telur kaya akan protein, vitamin B12, vitamin D, riboflavin, dan folat. Kesemuanya dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung yang disebabkan oleh makan berlebih.

7. Bayam

Tubuh harus bekerja lebih keras setelah pesta makan besar. Bayam, yang kaya akan vitamin B2, dapat membantu memetabolisme lemak.

Tak hanya itu, vitamin B juga membantu melawan penyakit dan infeksi yang membuat Anda tetap sehat.

8. Cuka

Cuka dapat membantu mengontrol kadar gula darah setelah berfluktuasi selama periode makan besar Lebaran. Cuka dapat menurunkan indeks glikemik yang naik setelah mengonsumsi karbohidrat.

Namun, Anda disarankan untuk tidak berlebihan mengonsumsi cuka karena bisa mengganggu kenyamanan perut.

9. Jahe

Tak jarang makan besar membuat perut terasa kembung. Jahe dapat membantu mengendurkan otot-otot di saluran pencernaan untuk mengeluarkan gas.

10. Ikan salmon

Ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 seperti salmon juga dapat memberikan Anda protein yang berlimpah. Protein membantu menjaga gula darah tetap stabil dan membantu mencegah lonjakan gla darah setelah banyak konsumsi karbohidrat.

11. Air mineral

Cara terbaik untuk mengembalikan tubuh ke kondisi semula setelah pesta makan besar adalah tetap terhidrasi. Tak hanya membantu mencerna makanan, air juga membantu melunakkan kotoran untuk kemudian dikeluarkan.

Sumber : CNN Indonesia

GAYA HIDUP, Kesehatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • two × 1 =