Blog

7 Mei 2022

4 Makanan Dan Minuman yang Pantang Dikonsumsi Saat Perut Kosong

foto : google

Rasa lapar karena perut kosong biasanya akan mengakibatkan lapar mata. Rasanya ingin makan apapun sebanyak mungkin untuk mengisi perut sampai kenyang.

Namun, langsung mengonsumsi makanan berat, apalagi dalam porsi besar ketika perut kosong harus dihindari! Hal ini justru dapat menjadi racun bagi tubuh dan malah menimbulkan rasa sakit yang tidak terhingga.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat ingin mengisi perut yang sudah ditinggal kosong untuk waktu yang lama.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari untuk dikonsumsi ketika perut sedang kosong.

Makanan Pedas

Makanan yang pedas dapat menyebabkan iritasi lapisan perut, terlebih setelah perut dalam keadaan kosong untuk waktu yang lama.Selain itu makanan pedas terlalu banyak justru dapat menyebabkan sakit perut, kram perut, hingga diare.

Hal ini karena makanan pedas, umumnya dari cabai, mengandung capsaicin yang dideteksi tubuh sebagai kandungan berbahaya.

Oleh karena itu, saluran pencernaan akan berusaha membuang kandungan tersebut dengan mempercepat proses pencernaan atau dengan kata lain, buang air besar lebih sering.

Buah Sitrus

Buah-buahan sitrus seperti lemon dan segala jenis jeruk memang menyegarkan dan terkenal akan kandungan nutrisi vitamin C. Apalagi ketika buah ini dijadikan minuman yang dicampur es, rasanya seperti tidak terkalahkan.

Selain vitamin C, buah-buah sitrus ini juga mengandung asam yang jika dikonsumsi ketika perut dalam keadaan kosong, akan meningkatkan kadar asam lambung.

Selain itu, buah-buahan sitrus memiliki kadar serat dan fruktosa yang tinggi, yang mana dapat memperlambat proses pencernaan. Oleh karena itu, mungkin mengonsumsi lemon dan jeruk mungkin bukan pilihan yang baik saat perut kosong.

Daging Merah

Mengonsumsi daging merah dalam keadaan perut kosong juga tidak baik. Meskipun daging mengandung protein yang menjadi energi bagi tubuh, namun justru protein yang berlebih itu sebaiknya dihindari dalam situasi ini.

Kadar proteinnya yang terlalu tinggi, menyebabkan butuh banyak waktu dan tenaga ekstra bagi lambung untuk mencernanya yang menyebabkan sakit perut yang ekstra pula.

Bahkan mengonsumsi daging merah setiap hari juga sangat tidak dianjurkan—terlepas perut kosong maupun tidak.

Soda

Soda memang terkenal menyegarkan apalagi ketika diminum saat gerah. Meminum soda setelah perut kosong juga dirasa menyegarkan seisi perut. Namun demikian, masih ada saja orang yang tidak ingin minum soda ketika perut kosong.

Hal ini lantaran minuman berkarbonasi seperti soda memiliki kadar asam yang cukup tinggi yang jika dikonsumsi ketika perut kosong akan meningkatkan produksi asam dan gas yang menumpuk di lambung.

Akibatnya dapat memperlambat pencernaan atau dengan kata lain, sembelit. Selain itu, soda yang pada dasarnya merupakan gabungan kafein dan gula yang begitu tinggi, tentu bukan pilihan yang tepat dikonsumsi sepanjang waktu.

Sumber : merdeka.com

GAYA HIDUP, Kesehatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • 11 + nine =