Blog

11 Juni 2021

5 Cara Jitu Mengatasi Anak yang Suka Pilih-Pilih Makanan

Ilustrasi anak-anak. (Foto: Rawpixel/Freepik)

ANAK-anak dikenal suka pilih-pilih makanan alias picky eater. Kendati demikian, menjadi seorang picky eater merupakan fase yang wajar di masa tumbuh kembang anak.

Ada anak yang tidak menyukai sayur-sayuran, ada yang hanya mau makan chicken nugget atau sosis, atau bahkan ada mereka yang hanya menginginkan makanan manis.

Kebiasaan ini sebenarnya bisa hilang seiring waktu, terutama jika orangtuanya mendukung. Seperti dilansir laman Mayoclinic, berikut tips untuk menghadapi anak picky eater.

1. Hormati selera makan anak

Jika anak tidak lapar, jangan memaksanya makan atau memberikan camilan. Demikian juga, jangan menyuap atau memaksa anak makan makanan tertentu atau membersihkan piringnya. Hal ini mungkin hanya menjadi pemicu anak menjadi trauma atas makanan tersebut.

Selain itu, anak mungkin mengasosiasikan waktu makan dengan kecemasan dan frustrasi atau menjadi kurang sensitif terhadap isyarat lapar dan kenyangnya sendiri. Sajikan porsi kecil untuk menghindari anak kewalahan dan beri dia kesempatan untuk meminta lebih banyak secara mandiri.

2. Tetap pada rutinitas

Sajikan makanan dan camilan pada waktu yang hampir sama setiap hari. Jika anak memilih untuk tidak makan, waktu ngemil yang teratur akan menawarkan kesempatan untuk makan makanan bergizi.

Anda dapat memberikan susu atau jus 100 persen dengan makanan, tetapi tawarkan air di antara waktu makan dan camilan. Membiarkan anak Anda mengonsumsi jus, susu, atau makanan ringan sepanjang hari dapat mengurangi nafsu makannya.

3. Bersabarlah dengan makanan baru

Anak kecil sering menyentuh atau mencium makanan baru, dan bahkan mungkin memasukkan potongan kecil ke mulut mereka dan kemudian mengeluarkannya kembali. Anak Anda mungkin perlu berulang kali terpapar makanan baru sebelum dia benar-benar memakannya.

Dorong anak dengan berbicara tentang warna, bentuk, aroma, dan tekstur makanan. Sajikan makanan baru bersama dengan makanan favorit anak. Tetap layani pilihan sehat anak sampai mereka terbiasa dan menyukainya.

4. Buat itu menyenangkan

Sajikan brokoli dan sayuran lainnya yang menjadi favorit anak. Potong makanan menjadi berbagai bentuk dengan pemotong kue. Tawarkan makanan sarapan untuk makan malam. Sajikan berbagai makanan berwarna cerah.

5. Jadilah kreatif

Tambahkan brokoli cincang atau paprika hijau ke saus spageti, sereal, dengan irisan buah, atau campur zucchini parut dan wortel ke dalam casserole dan sup. Dengan mengombinasikan makanan baru dengan makanan favoritnya, anak Anda akan terbiasa dengan berbagai jenis makanan nantinya.

Sumber : okezone.com

GAYA HIDUP, Ibu dan Anak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • six + 7 =