Blog

20 November 2021

5 Cara Sederhana Cegah Datangnya Penyakit pada Masa Musim Hujan

foto : google

Memasuki bulan november ini, curah hujan pada sejumlah daerah di Indonesia kembali meningkat. Kondisi ini menyebabkan terjadinya perubahan cuaca yang cukup ekstrem pada hari-hari tertentu.

Pada masa musim hujan seperti ini, seseorang bisa sangat mudah mengalami sakit. Salah satu masalah yang kerap muncul adalah demam yang disertai hidung berair, rasa sakit di sekujur tubuh, serta sakit tenggorokan.

Kondisi sakit yang kamu alami ini tentu bisa menimbulkan masalah dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Ketika demam, kamu butuh istirahat yang cukup dan benar-benar terhindar dari kehujanan lagi.

Mencegah masalah demam ini tentu saja jauh lebih baik dibanding mengobatinya. Dilansir dari The Health Times, berikut sejumlah cara cegah sakit pada masa musim hujan seperti sekarang.

1. Cuci Tangan Secara Rutin

Pada masa pandemi ini, kita menjadi lebih sering mencuci tangan. Kebiasaan ini ternyata juga sangat baik untuk diterapkan pada masa musim hujan seperti sekarang.

Virus penyebab demam biasanya menyebar melalui bersin dan batuk pada orang yang terinfeksi. Mencuci tangan bisa membantu menghindarkan kamu dari virus yang mungkin menempel pada tanganmu ini.

Penuhi Kebutuhan Air dan Konsumsi Makanan Sehat

2. Penuhi Asupan Air

Walau musim hujan kerap membuat hawa terasa dingin, namun pastikan untuk tetap mencukupi kebutuhan air. Jangan menunggu haus terlebih dahulu untuk minum.

Air juga bisa membantu mengenyahkan racun dari tubuh sehingga kamu terhindar dari sakit. Oleh karena itu, pastikan untuk tetap memenuhi kebutuhan air harian demi kesehatan tubuh.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan sehat dengan nutrisi seimbang merupakan hal yang penting dilakukan pada saat apa pun. Walau begitu, kebiasaan makan makanan sehat ini semakin penting untuk mencegah masalah kesehatan.

Pastikan cukup mengonsumsi zinc dan vitamin D untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko sakit. Makanan lain yang juga penting dikonsumsi adalah sayuran hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah-buahan.

Cukup Tidur dan Tetap Berolahraga

4. Cukup Tidur

Cukup tidur merupakan hal yang cukup penting untuk melawan dan mencegah demam. Kebiasaan mengantuk atau kurangnya tidur bisa membuat tubuh lebih rentan virus dan infeksi.

Ketika kita tidur dengan berkualitas di malam hari, tubuh memproduksi dan melepaskan sitokin, sejenis protein yang menyerang infeksi dan peradangan. Oleh karena itu, cukup tidur merupakan hal paling sederhana yang berpengaruh besar pada kesehatan.

5. Berolahraga

Berolahraga tidak hanya penting untuk menurutkan berat badan atau membentuk otot semata. Aktivitas fisik ini juga penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah demam.

Hasil penelitian mengungkap bahwa olahraga membantu sel imun bekerja lebih efektif dalam tubuh. Cara ini sangat membantu dalam melawan infeksi atau penyakit yang hendak bersarang di tubuh.

Sejumlah cara tersebut bisa menjadi andalan untuk mencegah agar kamu tidak mengalami demam. Menjaga kesehatan di musim hujan seperti ini merupakan hal yang penting dan tak boleh disepelekan.

Sumber : merdeka.com

GAYA HIDUP, Kesehatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • five × 1 =