Blog

3 Oktober 2020

5 Hal yang Bisa Membuat Penyakit Batuk Tak Kunjung Sembuh

Ilustrasi Batuk. ©medicalnewstoday.com

Batuk merupakan salah satu respons alami tubuh terhadap polutan dan alergen. Hal ini merupakan sebuah kondisi yang biasa kita alami sehari-hari sehingga kita kadang mengganggap munculnya batuk sebagai hal yang biasa.

Terjadinya batuk ini sering tidak dianggap serius oleh seseorang karena biasanya bakal menghilang dengan sendirinya. Walau begitu, ketika batuk yang kamu alami sudah terjadi lebih dari tiga hari, maka kamu perlu waspada.

Batuk yang tak kunjung sembuh setelah tiga hari bisa digolongkan sebagai kondisi batuk kronis. Terdapat dua jenis batuk kronis yang bisa terjadi. Pertama adalah batuk basah yang memproduksi riak dan kedua, batuk kering yang menyebabkan iritasi di tenggorokan.

Batuk kronis ini bisa terjadi dalam waktu lama bahkan hingga delapan minggu pada orang dewasa dan empat minggu pada anak-anak. Pada orang dewasa, penyebab batuk kronis ini bisa dari asam lambung, asma, alergi, atau bronkitis.

Walau begitu, ternyata batuk yang tak kunjung sembuh ini tidak hanya terjadi karena sejumlah alasan tersebut. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah hal lain yang bisa menyebabkan batuk yang kamu alami tak kunjung sembuh.

Saluran Udara yang Bengkak

Batuk kronis merupakan gejala umum dari demam dan infeksi virus lainnya. Walau sejumlah gejala demam bakal hilang setelah beberapa hari, batuk yang muncul bisa terjadi lebih lama.

Lamanya batuk ini terjadi karena virus yang menyebabkan demam bisa membuat saluran udara menjadi bengkak dan terlalu sensitif. Oleh karena itu, walau demam sudah mereda dan virus menghilang, batuk yang muncul tetap ada.

Sejumlah Masalah Kesehatan Lain

Masalah kesehatan seperti alergi dan asma bisa jadi penyebab terjadinya batuk kronis. Hal ini bisa muncul karena demam atau perubahan lingkungan yang terjadi.

Asam lambung juga bisa menjadi penyebab munculnya batuk kronis. Hal ini biasanya disertai juga dengan mual, sendawa, serta regurgitasi.

Usai Minum Air

Demam atau flu bisa menyebabkan lendir melekat di saluran udara sehingga bisa memunculkan batuk kronis. Untuk menghilangkan lendir dari saluran udara dan tubuh, kamu disarankan untuk mengonsumsi banyak cairan seperti air, jus, dan sup. Usai minum air ini juga memungkinkan munculnya batuk-batuk kecil pada dirimu.

Semprotan Hidung

Menggunakan semprotan hidung dekongestan bisa membantu menghilangkan mampat di hidung. Namun jangan menggunakannya lebih dari tiga hari karena bisa menyebabkan munculnya batuk.

Semprotan yang terlalu banyak bisa menyebabkan membran nasal menjadi bengkak. Hal ini bisa menyebabkan lebih rentan penyumbatan yang berujung batuk.

Udara yang Terlalu Kering atau Lembap

Udara di sekitarmu bisa jadi penyebab munculnya batuk baik karena terlalu kering maupun lembap. Udara kering bisa menimbulkan iritasi di tenggorokan yang berujung batuk kronis. Sedangkan udara lembap bisa memunculkan sejumlah alergen yang memicu asma dan membuatmu batuk terus-menerus.

Sejumlah hal tersebut bisa jadi penyebab batuk tak kunjung usai yang kamu alami. Ketika batuk sudah terlalu parah dan lama, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter agar tidak semakin mengganggu.

Sumber : merdeka.com

 

GAYA HIDUP, Kesehatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • eleven − five =