Blog

25 Juni 2020

5 Jenis Makanan Nabati yang Mengandung Protein Setara Daging

(Foto: Istockphoto/Diane Labombarbe)

Beberapa jenis makanan nabati memiliki kandungan protein yang nyaris sama seperti daging. Sebagian orang umumnya terbesit daging ketika hendak mencukupi kebutuhan protein tubuh–untuk pertumbuhan otot.

Tapi bertentangan dengan anggapan populer, sejumlah protein dapat ditemukan dalam makanan nabati. Jika Anda bisa mendapatkan lebih 20 gram protein dari masing-masing tiga ons ayam atau steak, maka alternatif nabati juga bisa memberikan jumlah yang hampir sama.

Tak selamanya Anda harus memenuhi kebutuhan protein dengan memakan daging. Ada kalanya Anda bisa mencoba mendapatkan alternatif makanan lain dari tumbuh-tumbuhan yang juga mengandung protein setara daging.

Berikut beberapa makanan nabati yang mengandung protein setara daging.

Kacang-kacangan

Makanan pokok orang India ini kadang-kadang mewujud banyak jenis. Ada kacang-kacangan yang berwarna kuning, merah, hijau hingga cokelat. Jenis kacang-kacangan bisa bertahan di dapur Anda selama berbulan-bulan, baik dalam bentuk kering ataupun kalengan.

Setiap gigitan kacang memberikan Anda kadar nutrisi yang tinggi. Termasuk juga protein, zat besi, kalsium, serat, selain juga polifenol yang menyehatkan jantung.

Satu cangkir kacang-kacangan setara dengan 18 gram potein per porsinya.

Kacang hitam

Biji-bijian ini diketahui mengandung karbohidrat tinggi sekitar 40 gram. Tapi karbohidrat ini alami, berbeda dengan yang terkandung dalam roti atau kue kering.Selain 15 gram protein per porsinya atau satu cangkir, bagian dari sumber karbohidrat kacang hitam adalah serat–khususnya serat larut.

“Kandungan ini bisa menurunkan kolesterol LDL,” terang ahli diet bersertifikat dari Ohio State University, Samantha Cochrane kepada Medical Daily.

Karena itu pula, tambah Samantha Cochrane, kacang hitam kerap disebut sebagai makanan yang menyehatkan jantung lantaran mampu membantu menurunkan jumlah total kolesterol dalam darah.

Buncis

Satu porsi atau secangkir buncis mengandung kira-kira lebih dari 15 gram protein. Buncis termasuk sayuran serbaguna yang bisa Anda campurkan dalam pelbagai jenis makanan.

Sekalipun harga sayuran ini murah, tapi termasuk yang padat nutrisi dan ramah bagi orang yang mudah alergi.

Edamame

Sejenis kedelai atau kacang-kacangan asal Jepang ini memiliki kadar protein yang lebih tinggi dibanding makanan nabati lain–dalam daftar ini. Satu cangkir atau seporsi edamame bisa mengandung sekitar 19 gram protein.

Edamame bisa disajikan langsung dengan direbus terlebih dulu atau dijadikan sebagai masakan. Tak hanya sarat protein, edamame juga jadi sumber serat folat dan kalium yang baik.

Tofu

Kotak putih yang berbahan dasar susu kedelai tanpa rasa ini memberikan Anda seluruh kebaikan makanan nabati. Jika Anda kreatif dan rajin mengulik, tahu atau tofu bisa jadi beragam masakan.

Makanan ini menyerap rempah-rempah seperti spons dan, sangat fleksibel untuk campuran masakan. Anda bisa membuat tahu krispi, mencampurkannya dengan saus, atau menumisnya dengan pelbagai macam bumbu.

Satu porsi tahu memberikan Anda sekitar 20 gram protein.

Sumber : cnnindonesia (dm)

GAYA HIDUP, Mom & Kids

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • 5 × 5 =