Blog

14 Desember 2021

5 Kebiasaan Makan yang Terkesan Sepele tapi Bahaya buat Jantung

Kita mungkin berusaha sekuat mungkin untuk mencegah penyakit ini. Salah satunya dengan menerapkan pola makan sehat bergizi seimbang. Namun, kenapa penyakit jantung masih juga bisa menyerang? Mungkin ada yang salah dengan pola makanmu.Nah, agar bisa mencegah penyakit jantung secara optimal, yuk, ketahui kebiasaan makan yang terkesan sepele namun bisa berbahaya buat kesehatan jantung. Segera hentikan, ya!

1. Melewatkan sarapan

Entah karena buru-buru atau memang sengaja, tidak sedikit orang yang mengabaikan sarapan. Sering dianggap sebagai salah satu jam makan paling penting sehari-hari, melewatkan sarapan justru dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian di Australia pada tahun 2019.

Melibatkan 199.634 orang dewasa yang tidak memiliki riwayat penyakit kardiovaskular, mereka yang melewatkan sarapan memiliki risiko penyakit jantung 21 persen lebih tinggi dan risiko kematian 32 persen lebih tinggi dibanding yang sarapan setiap hari.

2. Mengonsumsi karbohidrat olahan

Tidak semua karbohidrat itu jahat. Malah, karbohidrat kompleks amat disarankan untuk dikonsumsi. Karbohidrat simpleks atau olahanlah (refined carbs), seperti pada roti tawar, nasi putih, atau camilan manis yang perlu dibatasi, karena tak hanya meningkatkan risiko diabetes, tetapi juga penyakit jantung.

Itulah yang ditemukan oleh penelitian yang dimuat dalam jurnal BMJ pada Februari 2021. Melibatkan 148.858 partisipan di 21 negara, mereka yang terus mengonsumsi karbohidrat olahan memiliki risiko penyakit jantung dan kejadian kematian paling tinggi.

3. Mengonsumsi daging merah dan daging olahan

Bagi sebagian besar orang, daging adalah makanan sehari-hari, terutama daging merah. Saat tak ada pilihan, daging olahan yang sudah disimpan pun jadi hidangan di meja makan. Namun, bukan rahasia kalau konsumsi daging berlebihan, terutama daging merah dan daging olahan, menempatkan jantung dalam bahaya.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian di Inggris bertajuk “Meat consumption and risk of ischemic heart disease” tahun 2021. Menurut penelitian tersebut, setiap tambahan 50 gram konsumsi daging merah dan daging olahan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung iskemik masing-masing 9 dan 18 persen.

4. Makan gorengan

Bukan rahasia kalau gorengan itu tidak baik untuk kesehatan. Jadi, jika kebiasaan makan gorengan masuk ke daftar yang berbahaya untuk jantung, bukan sebuah kejutan.

Sebuah temuan oleh peneliti China di jurnal Heart tahun 2021 menemukan bahwa setiap 114 gram gorengan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung secara signifikan.

Selain itu, mereka yang mengonsumsi gorengan mencatat risiko gagal jantung 37 persen lebih tinggi. Selain itu, para peneliti juga menemukan risiko penyakit kardiovaskular 28 persen dan penyakit jantung koroner 22 persen lebih tinggi pada mereka yang suka makan gorengan.

5. Makan larut malam

Pola makan berbahaya untuk jantung terakhir di daftar ini adalah makan larut malam. Jika bangun tidur karena lapar, memang lebih baik ditahan agar jantung tetap terjaga kesehatannya.

Inilah yang dikemukakan dalam penelitian di Amerika Serikat (AS) pada tahun 2020. Menguji 7.771 partisipan dewasa sehat, mereka yang sering makan larut malam memiliki risiko pengerasan pembuluh arteri yang berhubungan dengan penyakit kardiovaskular.

Kalau memang laparnya tak tertahankan, pilihlah makanan yang ramah buat jantung seperti buah-buahan segar yang bernutrisi.

Itulah beberapa kebiasaan makan yang kesannya sepele, tetapi bisa berbahaya buat kesehatan jantung. Sekarang mungkin belum terasa, tetapi jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari.

Demi jantung tetap sehat, terapkanlah pola makan sehat bergizi seimbang, rutin olahraga, tidak merokok dan tidak alkohol, kelola stres sebaik mungkin, dan jangan lupa rutin melakukan pemeriksaan kesehatan.

Sumber : IDN Times

GAYA HIDUP, Kesehatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • 3 × three =