Blog

18 Juli 2022

5 Kebiasaan Sehat yang Sebaiknya Dilakukan sebelum Pukul 8 Pagi

freepik.com/master1305

Kegiatan apa saja yang kamu lakukan setelah bangun tidur sebelum beraktivitas? Apakah minum air putih, langsung mandi, ataukah mengecek ponsel dan media sosial terlebih dahulu?

Dapat dikatakan, hal yang dilakukan seseorang sesaat setelah bangun tidur merupakan kegiatan pembuka sebelum melakukan aktivitas utama, seperti sekolah atau bekerja. Tanpa disadari, di pagi hari seperti ini bisa mempengaruhi kesehatan dan performa tubuh dalam menjalani hari, lho.

Terutama di zaman serbacepat seperti sekarang ini, banyak orang dituntut untuk bisa menggunakan waktu dengan lebih bijak. Oleh sebab itu, memilah kegiatan untuk mengawali hari sangatlah diperlukan, tak peduli pukul berapa kamu mulai berkegiatan.

Nah, jangan sampai terlewat, berikut lima hal menyehatkan yang sebaiknya kamu lakukan sebelum jam 8 pagi. Dicatat, ya!

1. Luangkan waktu sebentar untuk bersyukur

Sebagai umat beragama, bersyukur menjadi salah satu cara kita untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Salah satu penerapannya adalah dengan meresapi segala hal yang kita miliki, sekaligus berterima kasih atas seluruh kebaikan yang masih terus dilimpahkan kepada kita sampai detik ini.

Selain dapat mempererat hubungan kita dengan Tuhan, bersyukur juga bisa memberi efek positif bagi diri sendiri dan juga orang lain. Hal ini disebutkan dalam artikel ilmiah yang dipublikasi oleh Journal of Happiness Studies tahun 2020, yaitu rasa syukur yang kita curahkan bisa mengurangi munculnya gejala depresi dan gangguan kecemasan.

Pada dasarnya, bersyukur bisa membuat pikiran menjadi lebih positif, tenang, dan bahagia. Perasaan-perasaan inilah yang juga dapat dirasakan oleh orang lain sehingga kamu akan mengawali hari dengan menyenangkan.

Sumber lain dalam The Royal Society menyebutkan bahwa perasaan-perasaan positif seperti yang telah disebutkan sebelumnya mampu membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan begitu, risiko mengalami penyakit pun menjadi berkurang.

2. Minum air putih

Sudah menjadi pengetahuan umum kalau sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Tak heran, memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Hal ini sangat baik dilakukan di pagi hari. Minum air sebelum sarapan tak hanya menghidrasi tubuh setelah “berpuasa” semalam penuh, tetapi juga bisa membantu melancarkan pencernaan untuk mengolah makanan.

Medical News Today melansir beberapa manfaat lain dari minum air putih, yang di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Bisa membantu menurunkan berat badan
  • Meningkatkan mood dan kemampuan mental
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Membantu organ tubuh dalam menjalankan fungsinya dengan lebih baik

3. Melakukan aktivitas fisik

Aktivitas fisik di pagi hari diperlukan untuk melenturkan otot-otot tubuh supaya tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit. Aktivitas ini bisa berupa olahraga, seperti jalan santai dan angkat beban, ataupun yang berkaitan dengan pekerjaan rumah, seperti menyapu, mengepel, mencuci baju, dan sebagainya.

Berdasarkan laporan dari University Health System, kegunaan dari aktivitas fisik di pagi hari antara lain:

  • Mendorong tubuh untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat
  • Meningkatkan energi untuk beraktivitas sepanjang hari
  • Meningkatkan fokus dan kesadaran
  • Dapat membuat mood jadi lebih baik
  • Menurunkan risiko diabetes
  • Membantu tingkatkan kualitas tidur malam

4. Mandi

Mungkin bagi sebagian orang mandi merupakan salah satu aktivitas yang rasanya enggan untuk dilakukan, terlebih lagi jika cuaca sedang dingin. Namun kenyataannya, kebiasaan ini justru baik bagi kesehatan, lho.

Selain karena alasan kebersihan, mandi di pagi hari bisa membantu otot dan saraf menjadi lebih relaks sehingga tubuh lebih siap untuk menjalani aktivitas. Hal ini berlaku jika kamu menggunakan air dingin atau air biasa ketika mandi, ya.

Mengutip laman Healthline, mandi dengan air dingin bisa meningkatkan sirkulasi darah, meredakan kulit yang gatal, mengurangi kaku otot setelah berolahraga, serta membuat kulit menjadi lebih sehat dan segar. Selain itu, kadar endorfin dan metabolisme tubuh pun akan meningkat.

Hal yang perlu diperhatikan adalah mandi air dingin tidak dianjurkan untuk kamu yang memiliki penyakit jantung. Sebab, hal ini justru bisa meningkatkan tekanan pada jantung dan memperparah kondisi kesehatan, seperti dilansir Cleveland Clinic. Jadi, walaupun mandi air dingin atau air biasa baik bagi tubuh, tetap sesuaikan dengan kondisi kesehatanmu, ya!

5. Mengonsumsi protein

Sarapan menjadi hal wajib yang harus dilakukan sebelum beraktivitas supaya otot dan otak mampu bekerja secara optimal. Nah, supaya bisa memenuhi kebutuhan ini, kita sangat dianjurkan untuk mengombinasikan menu sarapan dengan makanan berprotein tinggi.

Mengutip laman Verywell Fit, menu sarapan seperti ini bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama, membantu kita untuk mempertahankan fokus dan konsentrasi selama bekerja, serta dapat membuat kadar gula darah menjadi lebih stabil.

Ada sejumlah bahan makanan tinggi protein yang bisa kamu tambahkan dalam menu sarapan. Mulai dari telur, kacang-kacangan, susu beserta produk olahannya, hingga ikan.

Nah, alih-alih bermalas-malasan di kasur atau melakukan kegiatan yang dapat menghambat produktivitas, ada baiknya kalau kita langsung menerapkan hal-hal di atas setelah bangun tidur. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada kerabat dan teman-teman juga, ya!

Sumber : IDN Times

GAYA HIDUP, Ibu dan Anak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.