Blog

26 November 2021

5 Keunggulan Bubur Kacang Hijau, Efektif Cegah Gagal Jantung

ilustrasi bubur kacang hijau (smithsonianapa.org)

Kacang hijau (vigna radiata) adalah tumbuhan kacang yang termasuk dalam suku polong-polongan (fabaceae). Kacang ini memiliki rasa yang sedikit manis dan dijual mulai dari bentuk biji hingga kecambah.

Kacang hijau juga mudah diolah dan dapat ditambahkan ke berbagai masakan, salah satunya sebagai bubur kacang hijau atau yang juga populer dengan sebutan burjo. Bukan hanya nikmat, ternyata bubur kacang hijau juga kaya akan nutrisi unggul untuk kesehatan tubuh, lho!

Apa saja khasiat dari kacang hijau ini? Mari simak bersama ulasannya berikut ini!

1. Memperbaiki kulit yang rusak

Dikutip sciencedirect.com, kacang hijau kaya akan senyawa kimia, khususnya vitexin dan isovitexin yang memiliki sifat antiinflamasi yang tinggi. Sifat senyawa antioksidan tersebut bekerja melindungi kulit dari zat-zat radikal bebas.

Di samping itu, zat tersebut juga mampu mengurangi pembengkakan dan kerusakan kulit akibat jerawat.

2. Mencegah beberapa kelainan pada janin selama kehamilan

Penelitian yang dikutip laman ncbi.nlm.nih.gov, menunjukkan bahwa dalam 100 gram kacang hijau mengandung 159 mikrogram (mcg) folat. Vitamin B9 atau yang dikenal sebagai folat, adalah senyawa penting yang membantu tubuh dalam membentuk DNA.

Kebutuhan folat harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 400 mcg, sementara bagi ibu hamil, sebesar 600 mcg. Jadi, selama masa kehamilan, folat sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal janin.

3. Menekan rasa lapar dengan meningkatkan hormon kenyang

Berdasarkan studi yang dimuat dalam laman nutritionandmetabolism.biomedcentral.com, kacang hijau kaya akan serat dan protein seperti ghrelin, yang dapat membantu menurunkan rasa lapar dan meningkatkan hormon kenyang seperti peptide YYGLP-1, dan cholecystokinin.

Selain itu, tinjauan dari 9 penelitian dalam laman sci-hub.se, juga menemukan bahwa sekitar 31% orang merasa lebih kenyang setelah makan olahan kacang-kacangan, seperti bubur kacang hijau, daripada setelah makan makanan pokok lainnya, seperti pasta dan roti.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Seperti dilansir dari laman pubmed.ncbi.nlm.nih.gov, satu cangkir (7 ons atau 202 gram) kacang hijau rebus mengandung nutrisi sebagai berikut.

  • Kalori: 212
  • Lemak: 0,8 gram
  • Protein: 14,2 gram
  • Karbohidrat: 38,7 gram
  • Serat: 15,4 gramFolat (B9): 80% dari Referensi Asupan Harian (RDI)
  • Mangan: 30% dari RDI
  • Magnesium: 24% dari RDI
  • Vitamin B1: 22% dari RDI
  • Fosfor: 20% dari RDI
  • Besi: 16% dari RDI
  • Tembaga: 16% dari RDI
  • Kalium: 15% dari RDI
  • Seng: 11% dari RDI
  • Vitamin B2, B3, B5, B6 dan selenium

Tekanan darah adalah masalah kesehatan yang sangat berpengaruh pada kerja jantung yang kerap menjadi faktor penyebab utama kematian di dunia. Tingginya kandungan kalium dan magnesium dalam kacang hijau mampu membantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, analisis dari 10 penelitian yang dikutip laman cmaj.ca, menunjukkan bahwa diet kaya kacang-kacangan (tidak termasuk kedelai) dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam darah sekitar 5 persen.

5. Menangkal heat stroke

Pada banyak negara di Asia, bubur atau sup kacang hijau biasanya dikonsumsi pada hari-hari musim panas. Kacang hijau diketahui mengandung antioksidan seperti vitexin dan isovitexin yang dapat melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas yang terjadi selama heat stroke.

Kacang hijau juga dipercaya memiliki sifat antiinflamasi yang membantu melindungi diri dari serangan panas (heat stroke).

Itulah 5 keunggulan bubur kacang hijau bagi kesehatan tubuh. Wah, bagi kamu yang sangat gemar mengonsumsi burjo, teruskan saja, ya!

Sumber : IDN Times

GAYA HIDUP, Kesehatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • fifteen − ten =