Blog

7 September 2022

5 Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur

foto : google

Manfaat minum air putih sebelum tidur dipercaya baik untuk kesehatan. Ini karena tubuh akan “berpuasa” saat tidur, sehingga rentan mengalami kekurangan cairan yang bisa memengaruhi fungsi organ. Oleh karena itu, penting untuk selalu mencukupi asupan cairan tubuh sebelum tidur.

Banyak orang yang tidak mengonsumsi air putih sebelum tidur, karena tidak terbiasa, tidak sempat, atau tidak ingin terbangun untuk buang air kecil saat malam.

Meski begitu, minum air putih sebelum tidur sebenarnya bermanfaat untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan saat tidur. Kebiasaan ini juga dapat menunjang organ tubuh yang masih bekerja saat tidur.

Beragam Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur

Berikut ini adalah manfaat minum air putih sebelum tidur yang dapat Anda peroleh:

1. Meningkatkan kualitas tidur

Kekurangan cairan selama tidur dapat memicu rasa haus dan membuat Anda rentan terbangun di malam hari, sehingga waktu dan kualitas tidur pun dapat terganggu. Nah, Anda bisa mengonsumsi air putih sebelum tidur agar tidur lebih nyenyak. Dengan begitu, tubuh akan terasa lebih bugar keesokan harinya.

2. Menjaga fungsi organ tubuh

Manfaat minum air putih sebelum tidur lainnya adalah menjaga fungsi organ. Selama tidur, beberapa organ tubuh masih aktif untuk menunjang kehidupan, misalnya paru-paru masih bekerja untuk memperoleh oksigen bagi tubuh, bahkan ginjal masih membersihkan kotoran dalam darah.

Semua kinerja organ sangat bergantung pada cairan tubuh. Oleh karena itu, konsumsi air putih dapat menjaga kadar cairan dalam tubuh dan menjaga fungsi organ tubuh tetap bekerja secara optimal selama tidur.

3. Menjaga suhu tubuh

Mengonsumsi air putih yang cukup sebelum tidur juga bisa mendinginkan tubuh dan menjaga suhu tubuh tetap normal. Hal ini bisa membuat tubuh lebih rileks dan memicu rasa kantuk.

Selain itu, bila Anda tidur di tempat yang panas atau tanpa pendingin udara, Anda tentu akan banyak berkeringat. Ini merupakan mekanisme alami tubuh untuk mengatasi rasa panas.

Di sisi lain, kondisi tersebut juga bisa mengurangi cairan dalam tubuh. Oleh karena itu, Anda perlu minum air putih untuk menjaga kadar cairan selama tidur.

4. Mencegah sakit kepala

Sakit kepala sering kali terjadi ketika bangun tidur. Hal ini bisa diakibatkan oleh kurangnya waktu tidur atau bahkan cairan tubuh yang berkurang selama tidur. Untuk mencegah sakit kepala, Anda bisa mengonsumsi air putih sebelum tidur atau tidur lebih awal agar waktu tidur ideal dapat tercukupi.

5. Mengurangi gejala flu

Minum air putih sebelum tidur, terutama air putih hangat, bisa meredakan demam dan hidung tersumbat akibat flu yang sering kali mengganggu tidur. Konsumsi air putih yang cukup sebelum tidur dinilai bisa meningkatkan kualitas tidur penderita flu dan membantu pemulihan.

Agar mendapatkan manfaat air putih sebelum tidur secara maksimal, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi minimal 1 gelas air putih setidaknya 2 jam sebelum tidur. Ini bertujuan untuk mencegah Anda terbangun di malam hari karena hendak buang air kecil.

Terlepas dari manfaatnya, minum banyak air sebelum tidur tidak disarankan bagi penderita penyakit ginjal, diabetes, dan orang yang mengonsumsi obat diuretik.

Hal tersebut bisa memicu nokturia atau sering terbangun tengah malam untuk buang air kecil yang dapat mengganggu siklus tidur, menurunkan produktivitas, bahkan memicu depresi.

Jika Anda mengonsumsi air putih sebelum tidur dengan jumlah dan waktu yang tepat tapi sering mengalami nokturia dan gejala lain, seperti sering haus, nafsu makan meningkat, dan berat badan turun drastis, Anda perlu segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Sumber : alodokter.com

GAYA HIDUP, Kesehatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.