Blog

25 Juni 2020

5 Rekomendasi Minuman Pengantar Tidur

(Foto: Stocksnap/Krzysztof Puszczynski)

Tidur yang nyenyak dan berkualitas jadi salah satu kunci kesehatan yang prima. Sejumlah minuman alami berikut ini dapat merangsang agar tidur Anda lebih cepat dan kian nyenyak.
Tidur yang cukup dan berkualitas bakal meningkatkan tenaga, konsentrasi, mengurangi risiko depresi, penyakit jantung, dan kematian. Setiap orang dewasa disarankan untuk tidur sekitar tujuh hingga sembilan jam setiap malamnya.

Minuman-minuman yang dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak berikut ini, merupakan minuman bernutrisi tinggi yang baik dikonsumsi sebelum tidur.

Berikut lima minuman yang membuat tidur nyenyak dan layak Anda jajal.

1. Teh daun mint

Teh daun mint memiliki sifat antivirus, antimikroba dan anti-alergi. Studi menunjukkan teh daun mint dapat meredakan sakit perut di malam hari dan membuat orang tidur lebih nyenyak.

Teh daun mint dapat dibuat dengan merebus dua gelas air dengan beberapa daun mint, sesuai selera. Biarkan dedaunan di dalam air panas selama lima menit, lalu siap diminum sebelum tidur.

2. Susu hangat

Susu hangat direkomendasikan dikonsumsi pada malam hari saat sebelum tidur. Susu mengandung triptofan yang secara alami meningkatkan hormon serotonin. Hormon ini merupakan hormon yang berkaitan dengan rasa bahagia. Hormon serotonin meningkat kadar melatonin yang dapat meningkatkan kualitas tidur dan melawan sejumlah gangguan tidur seperti jet lag dan insomnia.

Dikutip dari Health Line, sejumlah penelitian mendapati bahwa susu hangat dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi pergerakan di malam hari.

3. Jahe susu

Bukan tanpa alasan penjual jahe susu banyak ditemukan di malam hari. Meminum racikan jahe susu pada malam hari akan membuat tidur lebih nyenyak. Kombinasi triptofan pada susu dan kandungan di dalam jahe dapat mendorong tidur semakin berkualitas.

Jahe mengandung zat gingerol yang membantu mengatasi masalah tidur, mengurangi peradangan, dan meredakan kecemasan. Jahe susu dapat dibuat dengan mencampurkan satu gelas susu dengan 1-2 potong jahe dan didihkan selama 3-5 menit.

4. Air kelapa

Dikutip dari The Daily Meal, air kelapa kaya akan kalium dan sejumlah mineral yang dapat membantu tidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Air kelapa juga membantu meredakan peradangan.

5. Teh hijau

Teh hijau juga mengandung banyak nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur. Kandungan theanine di dalam teh hijau dapat menunjang tidur lebih nyenyak.

Theanine mengurangi hormon yang berhubungan dengan stres sehingga membuat tubuh rileks dan lebih cepat tidur.

Sumber : cnnindonesia (dm)

GAYA HIDUP, Kesehatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • eleven + thirteen =