Blog

18 Mei 2022

5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Disibukkan dengan Banyak Pekerjaan

foto : google

Banyaknya pekerjaan kerap membuat seseorang menjadi lupa untuk tetap menjaga kesehatan. Tugas-tugas yang terus menumpuk dan memiliki batas waktu yang hampir bersamaan menjadikannya mengabaikan beberapa hal yang sebenarnya perlu dan penting untuk selalu diperhatikan demi terjaganya kesehatan mental, badan, dan pikiran.

Mengutamakan pekerjaan agar dapat selesai pada waktu yang telah ditentukan, itu memang kewajiban. Namun, jangan sampai hal tersebut mengganggu kesehatan yang kamu miliki.

Ketahuilah bahwa kesehatan merupakan aset berharga yang perlu kamu jaga karena jika kamu sehat, maka hasil pekerjaan dapat memuaskan, serta produktivitas pun akan terus meningkat.

Berikut lima tips menjaga kesehatan saat kamu disibukkan oleh banyak pekerjaan.

1. Mulai pagi harimu dengan sarapan tepat waktu

Tips menjaga kesehatan saat kamu sedang disibukkan oleh banyak pekerjaan yaitu mulailah pagi harimu dengan sarapan tepat waktu.

Jangan lupa untuk tetap sarapan karena sarapan akan membuatmu lebih berenergi sepanjang hari. Segala aktivitas pekerjaan pun dapat berjalan lancar dan menghasilkan sesuatu yang maksimal.

Rutin sarapan tepat waktu akan berdampak positif bagi tubuh dan pikiran. Tubuhmu menjadi gak mudah merasa kelelahan serta dapat membuatmu lebih fokus dalam bekerja.

Perhatikan juga makanan yang konsumsi, ya. Pilihlah menu sarapan yang mengandung protein, serat, dan makanan sehat lainnya.

2. Tetap memiliki waktu untuk beristirahat di tengah kesibukan yang padat

Tips selanjutnya yang perlu kamu lakukan agar kesehatan tetap terjaga saat disibukkan oleh banyaknya pekerjaan yaitu, tetap memiliki waktu untukmu beristirahat di tengah kesibukan yang begitu padat.

Jika kamu ingin selalu sehat, ketika pekerjaan begitu menyita waktu, maka jangan memaksakan diri untuk terus bekerja tanpa henti.

Mengistirahatkan tubuh dan pikiran di sela-sela kesibukan bekerja itu menjadi hal yang wajib kamu lakukan. Luangkan waktu sejenak untukmu beristirahat. Selain dapat menyehatkan badan, pikiran juga akan tenang dan jernih kembali.

Bersantailah sejenak, sayangi tubuh dan pikiranmu karena kamu adalah manusia yang pastinya tetap memerlukan waktu untuk beristirahat.

3. Konsumsi air mineral yang cukup setiap harinya

Mengalami dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh dapat memengaruhi kesehatan yang kamu miliki. Kamu menjadi mudah lelah hingga bisa terserang penyakit akibat kekurangan cairan.

Untuk bekerja juga akan mengalami kendala seperti kurang mampu berkonsentrasi, sulit untuk fokus menyelesaikan pekerjaan karena selalu terdistraksi oleh masalah kesehatan, dan sebagainya.

Maka dari itu cukupilah kebutuhan air mineral 2 liter per harinya atau sekitar 8 gelas. Sesibuk apa pun kamu dalam aktivitas pekerjaan, tetaplah berusaha untuk mencukupi kebutuhan air mineral dalam tubuh.

Ketika cairan dalam tubuh tercukupi, maka kamu akan mampu menjaga konsentrasi dan pastinya kesehatan tubuh, serta pikiran pun akan selalu terjaga sehingga mampu mendukung setiap hal yang kamu lakukan.

4. Kurangi makanan cepat saji

Ketika kamu disibukkan oleh banyak pekerjaan, mengonsumsi makanan ringan dan cepat saji adalah pilihan yang sering dilakukan. Namun, ubahlah kebiasaan burukmu itu mulai dari sekarang.

Jika kamu ingin kesehatanmu tetap terjaga, jangan sembarangan dalam mengonsumsi makanan. Kurangi atau bahkan jika perlu hindarilah makanan yang cepat saji.

Meski tergolong praktis, tapi ketahuilah itu dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatanmu. Bagi kamu yang sedang disibukkan banyak pekerjaan, disarankan agar memilih makanan yang sehat dan kaya akan vitamin.

Mengonsumsi makanan cepat saji memang dapat membuatmu kenyang. Tapi ingatlah efek jangka panjangnya. Itu sangat mengganggu kesehatan.

5. Menyempatkan waktu untukmu berolahraga

Menjaga kesehatan di tengah kesibukan pekerjaan yang padat bisa kamu lakukan dengan menyempatkan waktu untuk berolahraga.

Aktivitas fisik tetap menjadi hal yang penting dilakukan meski kamu tengah disibukkan oleh banyak pekerjaan. Tenang saja, kegiatan ini gak akan menyita waktumu. Malah akan berdampak positif untuk kesehatan, bagi kamu yang memiliki jam kerja tinggi.

Sempatkanlah waktu untuk berolahraga ringan seperti berjalan naik dan turun tangga, berlari kecil sebelum berangkat kerja sambil menikmati udara segar, atau kamu juga bisa melakukan peregangan badan di sela-sela waktu kerja. Berolahraga dapat menyeimbangkan kesehatan dari padatnya jadwal pekerjaan.

Selain penghasilan, faktor kesehatan prima juga merupakan aset yang perlu kamu upayakan. Ketika kamu disibukkan oleh banyaknya pekerjaan, lakukanlah kelima tips di atas agar kesehatanmu terjaga.

Mengejar kesuksesan berkarier itu sangat dibolehkan, tapi jangan sampai menjadikanmu gak mengutamakan kesehatan.

Kesehatan adalah sesuatu yang berharga. Kesuksesan dalam berkarier akan sia-sia jika kamu mengalami masalah pada kesehatan. Yuk, tingkatkan kepedulian pada faktor kesehatan.

Mencegah timbulnya masalah kesehatan sejak dini itu lebih baik daripada nantinya penghasilan yang kamu dapatkan malah digunakan untuk mengobati penyakit akibat gak gak menjaga kesehatan.

Sumber : IDN Times

GAYA HIDUP, Kesehatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

  • 5 × 5 =