Blog

15 Maret 2021

6 Kebiasaan Sehat yang Ternyata Bisa Sebabkan Masalah Perut

foto : freepik

Kesehatan perut dan pencernaan merupakan salah satu hal yang sangat perlu kita perhatikan. Adanya masalah di dalam perut seperti konstipasi, diare, atau kembung bisa sebabkan masalah lebih lanjut.

Sejumlah kondisi tak nyaman yang terjadi dalam perut juga bisa menjadi tanda adanya masalah pada pencernaan. Sejumlah hal yang terjadi ini bisa disebabkan oleh makanan yang kamu konsumsi serta gaya hidup yang dimiliki.

Masalah di dalam perut ini juga bisa berdampak langsung pada kondisi tinja yang keluar. Oleh karena itu, makanan yang kamu konsumsi bisa sangat berpengaruh besar.

Uniknya, sejumlah kebiasaan yang kerap kita kira sehat ternyata bisa menyebabkan hal ini. Dilansir dari Bustle, berikut sejumlah kebiasaan sehat yang ternyata sebabkan masalah di perut.

Makan Terlalu Banyak Protein

Penelitian menyebut bahwa konstipasi bisa terjadi akibat terlalu banyak protein. Berdasar penjelasan dari Mayo Clinic, pola makan tinggi protein bisa secara spesifik membatasi asupan karbohidrat serta kurangnya serat dapat berujung konstipasi.

Bangun Lebih Pagi Dibanding Biasanya

Tanpa kamu sadari bangun lebih pagi dari jadwal rutinmu bisa berdampak pada kondisi perut dan pencernaan. Berubahnya waktu internal tubuh berupa tidur yang terganggu bisa menjadi penyebab dari masalah pencernaan terutama berupa kesulitan untuk buang air besar. Untuk mencegah masalah ini, biasakan untuk bangun pagi agar tidak terjadi perubahan jam tidur yang mendadak.

Mengonsumsi Probiotik

Sejumlah produk probiotik disebut bisa saja dibuat dengan tidak semestinya sehingga menyebabkan gangguan pencernaan. Sejumlah produk probiotik yang tak layak bisa menyebabkan terjadinya diare serta sejumlah masalah lain seperti mual dan kembung.

Konsumsi Vitamin

Sejumlah suplemen dan vitamin bisa jadi penyebab dari terjadinya konstipasi dan diare. Sejumlah suplemen terutama yang mengandung zat besi bisa menjadi penyebab konstipasi. Sedangkan suplemen yang mengandung magnesium bisa menjadi penyebab diare.

Berlari Jarak Jauh

Berlari merupakan salah satu olahraga yang sangat menyehatkan bagi tubuh. Namun ternyata kebiasaan ini bisa menyebabkan masalah di perut berupa dorongan secara tiba-tiba untuk buang air besar. Kondisi otot perut yang aktif menjadi penyebab munculnya keinginan buang air besar ini secara tiba-tiba.

Mengonsums Terlalu Banyak Serat

Konsumsi serat yang terlalu banyak bisa membuat pencernaan jadi terlalu aktif yang berdampak pada keinginanmu untuk buang air besar. Pastikan untuk mengonsumsi serat dalam jumlah cukup untuk mencegah masalah ini dan mendapat manfaat sehatnya.

Kendati menyehatkan, sejumlah hal sehat yang kamu lakukan justru bisa menyebabkan masalah di perut dan pencernaan. Untuk mencegahnya, pastikan untuk mengonsumsi atau melakukannya tidak secara berlebihan.

Sumber : merdeka.com

GAYA HIDUP, Kesehatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • 2 × 5 =