Blog

29 Oktober 2021

6 Kondisi yang Bakal Dialami oleh Tubuh ketika Tidak Sarapan

foto : google.com

Sarapan merupakan salah satu waktu makan paling penting dari sehari yang kita jalani. Sarapan yang kamu konsumsi bisa sangat menentukan kondisimu selama sehari tersebut.

Sayangnya, banyak orang yang kerap melewatkan sarapan ini. Baik karena kesibukan maupun kebiasaan, sarapan ini kerap terlupakan untuk dilakukan.

Hal ini juga kerap terjadi karena tidak munculnya rasa lapar pada pagi hari. Kondisi ini kerap membuatmu melewatkan sarapan dan langsung makan siang.

Melewatkan sarapan ini sebenarnya bukan kondisi yang ideal untuk dilakukan. Pasalnya, sangat besar kemungkinan bahwa kamu mengalami dampak buruk dari melakukannya.

Kondisi ini juga bisa membuatmu gagal diet dan kekurangan energi selama seharian. Dilansir dari Healthmeup, berikut sejumlah kondisi yang bakal dialami oleh tubuh ketika melewatkan sarapan.

1. Kelelahan

Melewatkan sarapan bisa membuat kerja metabolisme dalam tubuh jadi melambat. Hal ini bisa membuatmu merasa lelah karena hanya ada sedikit energi yang dibakar tubuh.

2. Mudah Stres

Melewatkan sarapan bisa memengaruhi produksi hormon kortisol dalam tubuh yang bisa membuat cepat stres. Kondisi ini juga bisa membuat kenaikan insulin yang tidak hanya memengaruhi hormon namun juga gula darah dan berat badan.

3. Tersimpannya Lemak di Tubuh

Sarapan bisa membuat fungsi tubuh berjalan lagi secara normal setelah beristirahat semalaman. Melewatkan sarapan bisa membuat tubuh merasa kelaparan sehingga mulai menyimpan lemak.

4. Suasana Hati yang Buruk

Selain menyebabkan gangguan hormonal, melewatkan sarapan juga bisa membuat suasana hati menjadi buruk. Kondisi ini bisa membuatmu menjadi mudah marah, murung, serta lelah.

5. Makan Berlebih

Melewatkan sarapan bisa membuat kamu menjadi merasa lapar dan makan lebih banyak saat makan siang. Menunda makan siang juga bisa membuat kamu ngemil lebih banyak dan cenderung mengonsumsi makanan yang tak sehat.

6. Meningkatnya Berat Badan

Terpengaruhnya metabolisme tubuh akibat melewatkan sarapan bisa membuat kamu semakin lapar dan makan siang lebih banyak. Kondisi ini jika terjadi secara terus-menerus bisa menyebabkan berat badan jadi meningkat.

Sejumlah hal tersebut bisa kamu alami ketika melewatkan sarapan. Mengingat pentingnya sarapan, sebaiknya kamu memperhatikannya dan konsumsi makanan sehat ketika melakukannya.

Sumber : merdeka.com

GAYA HIDUP, Kesehatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • four × four =