Blog

18 November 2022

6 Makanan Ini Bisa Bantu Perkembangan Otak Anak

Foto : google

Sahabat Raya, ingin Si Kecil tumbuh menjadi anak cerdas? Mulailah penuhi kebutuhan nutrisinya dengan makanan yang tepat. Lalu, makanan apa saja yang baik untuk mendukung perkembangan otak anak? Yuk, cari tahu bersama!

Makanan tidak hanya memengaruhi pertumbuhan anak, tetapi juga memengaruhi konsentrasi, daya ingat, serta kemampuan otaknya untuk berpikir. Itulah alasan pentingnya memberikan anak beragam vitamin dan mineral, khususnya dari makanan, selama masa pertumbuhannya.

Beragam Makanan untuk Perkembangan Otak Anak

Ada beragam jenis makanan yang dapat mendukung perkembangan otak anak, di antaranya:

1. Ikan

Ikan tuna, sarden, lele, dan patin menjadi pilihan ikan yang baik untuk otak anak. Ikan-ikan tersebut mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk mendukung perkembangan kognitf anak, khususnya kemampuan daya ingat dan memahami sesuatu.

2. Telur

Telur mengandung kolin yang bermanfaat untuk membantu perkembangan daya ingat. Selain itu, telur juga tinggi protein yang dapat membantu meningkatkan kemampuan konsentrasi anak.

Namun, sebelum menyajikan telur kepada Si Kecil, pastikan Bunda memasak telur sampai benar-benar matang. Hal ini penting guna mencegah infeksi dari bakteri Salmonella.

3. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu menu sarapan yang baik bagi anak-anak. Nutrisi yang terkandung di dalam oat, seperti serat, zinc, kalium, vitamin B, dan vitamin E, dapat membantu kerja otak lebih optimal.

Selain itu, menjadikan oatmeal sebagai menu sarapan juga dapat membuat anak cukup kenyang, sehingga ia bisa berkonsentrasi dengan baik di sekolah.

4. Kacang merah

Kacang merah mengandung vitamin B1 atau tiamin yang dapat meningkatkan fungsi saraf dan kognitif. Vitamin ini juga membantu produksi asetilkolin, yaitu zat yang membantu pengantar sinyal antarjaringan saraf. Dengan begitu, Si Kecil bisa selalu fokus dan fungsi memorinya terjaga dengan baik.

5. Kubis dan bayam

Kedua jenis sayuran ini mengandung antioksidan yang baik untuk perkembangan sel otak anak. Bayam dan kubis juga mengandung asam folat yang diketahui dapat memperkuat daya ingat. Selain kedua sayuran ini, brokoli, tomat, dan wortel bisa menjadi pilihan sayuran yang baik dikonsumsi oleh anak.

6. Susu dan yoghurt

Susu dan yoghurt mengandung vitamin B, vitamin D, dan protein yang dapat mendukung perkembangan jaringan otak. Vitamin D di dalam kedua asupan ini juga bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan tulang dan giginya.

Nah, itulah makanan yang bisa membantu perkembangan otak anak. Bunda bisa memasukkan pilihan makanan di atas ke dalam menu makan hariannya. Supaya Si Kecil tidak bosan, sajikanlah dalam variasi olahan yang berbeda, ya.

Bila perlu, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai pilihan makanan lain yang dapat mendukung perkembangan otak anak dan tumbuh kembangnya secara keseluruhan.

Sumber : alodokter.com

GAYA HIDUP, Ibu dan Anak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.