Blog

19 Mei 2022

6 Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Berjalan kaki adalah salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan dan baik untuk kesehatan. Namun ada hal menarik, tahukah Anda jika berjalan kali tanpa alas kali dapat bermanfaat juga bagi kesehatan?

Meski demikian, berjalan tanpa alas kaki juga mempunyai risiko salah satunya kaki bisa terluka jika menginjak benda tajam. Oleh karena itu, Anda harus memilih tempat yang aman jika ingin mencobanya.

Berjalan tanpa alas kaki juga kerap dijadikan terapi bagi orang lansia karena dipercaya dapat membantu meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh.

Melansir Stylecraze, Ada beberapa manfaat bejalan tanpa alas kaki bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Membantu Melawan Peradangan

Manfaat berjalan tanpa alas kaki yang pertama adalah mampu membantu melawan peradangan. Hal tersebut dikarenakan adanya grounding.

Grounding adalah nama lain untuk kontak kulit langsung ke permukaan bumi telah ditemukan menghasilkan perbedaan terukur pada sitokin, senyawa yang terlibat dalam proses inflamasi sehingga dapat membantu melawan peradangan.

Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Berbagai penelitian telah menjelaskan efek fisiologis berjalan tanpa alas kaki (grounding) dalam meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Mereka juga menunjukkan penurunan tingkat kekentalan darah yang dapat menurunkan hipertensi.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyoroti efek menguntungkan dari berjalan tanpa alas kaki pada kesehatan kardiovaskular.

Dapat Meredakan Kecemasan

Manfaat berjalan tanpa alas kaki selanjutnya, dapat meredakan kecemasan. Jika Anda menghadapi kecemasan dan depresi, berjalan tanpa alas kaki akan membuat perasaan menjadi lebih tenang.

Membantu Menyembuhkan Sakit Kronis

Manfaat dari berjalan tanpa alas kaki juga bisa mengurangi tingkat rasa sakit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berjalan tanpa alas kaki dapat mengurangi rasa sakit dengan mengubah jumlah neutrofil dan limfosit yang bersirkulasi.

Ini juga memodulasi berbagai faktor lain yang terkait dengan peradangan.

Dilansir Stylecraze, dalam studi lain berjalan tanpa alas kaki mengarah pada resolusi cepat dari peradangan kronis yang menyakitkan. Bahkan bisa mencegah tanda-tanda peradangan setelah panas, bengkak, dan nyeri.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Berjalan tanpa alas kaki juga bisa membuat tidur lebih nyenyak loh. Elektron bumi menyebar ke tubuh Anda dan menyebabkan banyak perubahan psikologis yang bermanfaat, termasuk meningkatkan kualitas tidur setiap malam.

Berjalan tanpa alas kaki juga membantu menormalkan ritme biologis siang-malam. Ini membantu Anda rileks dan tidur lebih nyenyak.

Dapat Meningkatkan Penglihatan

Manfaat berjalan tanpa alas kali yang terakhir adalah dapat membantu meningkatkan penglihatan. Manfaat ini mungkin lebih berkaitan dengan titik refleks pada kaki yang terhubung ke saraf optik.

Sumber : kontan.co.id

GAYA HIDUP, Kesehatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

  • 7 + 11 =