Blog

15 Oktober 2020

6 Masalah Kesehatan yang Tersembunyi dari Kebiasaan Sering Menguap

foto : freepik.com/luis-molinero

Ketika tengah lelah atau mengantuk, besar kemungkinan seseorang menguap. Hal ini juga bisa menular kepada orang lain yang mendengar atau melihatnya.

Menguap kerap menjadi tanda tubuh yang kelelahan dan membutuhkan istirahat. Namun pada kondisi tertentu, hal ini bisa terjadi akibat beberapa hal lain.

Masalah kesehatan bisa jadi penyebab kamu sering menguap walau tak mengantuk atau kelelahan. Sayangnya, hal ini kerap tidak disadari oleh banyak orang.

Kondisi kesehatan yang kamu miliki juga dapat menjadi penyebab ketika kamu menjadi sering menguap. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah penyakit yang bisa memunculkan gejala menguap.

Masalah Liver dan Punggung

Masalah Liver

Ketika kamu menguap beberapa kali namun tidak merasa mengantuk, kemungkinan hal ini bisa terjadi karena kamu memiliki masalah liver. Ketika hal ini kamu alami, sebaiknya kamu segera memeriksakan dirimu ke dokter.

Multiple Sclerosis

Seseorang yang menderita Multiple Sclerosis atau MS juga kemungkinan memiliki potensi yang besar untuk sering menguap. Hal ini terjadi karena ketidakmampuan mereka untuk mengontrol suhu tubuh sehingga pada akhirnya akan sering membuat mereka menguap.

Dari Otak hingga Epilepsi

Masalah Otak

Munculnya perilaku menguap beberapa kali juga bisa disebabkan oleh radang otak seperti yang terjadi ketika kamu mengalami stroke ringan. Penelitian juga mengungkap bahwa menguap berlebihan merupakan gejala yang muncul dari pasien ketika mengalami peradangan di batang otak mereka.

Epilepsi

Epilepsi merupakan salah satu penyakit yang bisa menyebabkan munculnya menguap berlebihan. Masalah kesehatan ini bakal menyebabkan otak mengirimkan sinyal yang abnormal sehingga dapat membuat kamu menguap secara berlebihan.

Dampak Obat serta Gangguan Tidur

Efek Samping Obat

Konsumsi beberapa obat-obatan tertentu bisa membuat tubuh merasa lelah dan kamu akan sering menguap. Jenis obat-obatan yang biasanya membuat kamu mengantuk adalah yang mengandung SSRIs (selective serotonin reuptake inhibitors) atau antihistamines.

Gangguan Tidur

Salah satu masalah lain yang mungkin kamu alami ketika keseringan menguap adalah karena gangguan tidur yang kamu alami. Kekurangan tidur ini bisa membuat kamu tetap terjaga namun berulang kali menguap.

Berbagai masalah kesehatan tersebut perlu kamu waspadai ketika sering menguap tapi tak mengantuk. Ketika hal ini terjadi dan semakin mencemaskan, sebaiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter.

Sumber : merdeka.com

GAYA HIDUP, Kesehatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • fourteen − 1 =