Blog

27 Juni 2020

7 Cara Sederhana Bebas Gerah Tanpa AC

illustrasi/Thinkstock/Koldunov

Cuaca belakangan terasa sangat panas dan gerah. Sementara, di tengah pandemi virus corona ini Anda disarankan tetap berada di rumah. Mungkin aman jika Anda di dalam rumah dan menyalakan pendingin udara alias AC.

Tapi siap-siap bayar listrik lebih mahal kalau seharian pakai AC. Berikut ada beberapa cara mudah untuk bisa lebih sejuk tanpa harus pakai AC.

1. Kipas angin dan es

Siapkan es batu dan letakkan di dalam mangkuk. Letakkan mangkuk atau ember berisi es langsung di depan kipas angin. Saat es mencair kipas akan mengembuskan udara dingin dari permukaan es. Ini akan menciptakan angin sejuk, mirip dengan pendingin udara.

2. Kipas angin dan flanel basah

Cara lain yang bisa dipakai adalah dengan kipas angin dan kain flanel basah atau handuk lembap yang diletakkan menutupi kipas angin.

3. Tutup jendela dan tirai

Di siang hari, membuka jendela dan tirai memang wajar dilakukan. Namun dengan cara itu Anda akan menciptakan ruangan panas seperti efek rumah kaca.

Ruangan akan terasa lebih sejuk jika jendela dan tirai ditutup di siang hari.

4. Buka jendela saat suhu mulai turun

Jendela terbuka juga akan membiarkan udara panas masuk ke dalam rumah, daripada udara dingin. harus tetap ditutup ketika hari sedang panas, tetapi begitu panas mulai turun mereka dapat dibuka lagi. Suhu turun drastis di malam hari, jadi membuka jendela di malam hari akan memungkinkan udara dingin bersirkulasi di sekitar rumah – ini akan membantu Anda tidur lebih baik juga.

5. Tanaman dalam rumah

Tanaman di dalam rumah akan membantu mendinginkan rumah, hal ini karena mereka membutuhkan panas untuk proses alaminya.n

Ketika udara mulai panas, tanaman akan mengeluarkan air ke udara.

6. Matikan lampu

Mematikan lampu juga akan membantu mendinginkan udara. Bohlam lampu akan menyebabkan udara panas.

7. Gantung handuk basah

Mengutip Metro, sebagai alternatif untuk menggantikan es dan kipas angin, Anda bisa menggantung handuk basah di dekat jendela yang terbuka.

Angin dari luar akan mendinginkan handuk dan membuat ruangan jadi lembap.

Sumber : cnnindonesia.com (dm)

GAYA HIDUP, Mom & Kids

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • four + eleven =