Blog

8 April 2021

8 Kebiasaan Sepele yang Merusak Kesehatan

foto : freepik.com/racool-studio

Hampir semua orang tahu bahwa merokok dan sering makan junk food bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Tapi tahukah Anda kebiasaan sepele yang mungkin Anda lakukan sehari-hari, juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan?

Berikut beberapa kebiasaan yang merusak kesehatan, dikutip dari berbagai sumber:

1. Begadang

Kurang tidur bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Selain membuat Anda susah fokus pada siang hari, begadang juga meningkatkan tekanan darah, meningkatkan risiko serangan jantung, diabetes, dan depresi.

Kurang tidur juga membuat Anda kesulitan belajar dan mengingat sesuatu. Sebaiknya atur waktu tidur malam Anda setidaknya 7-8 jam.

2. Menyetel musik keras-keras

Anda suka mendengarkan lagu melalui earphone atau headset dengan volume full? Sebaiknya, mulai saat ini turunkan volume musik yang Anda setel hingga di bawah 75.

Mengutip WebMD, hal itu dilakukan untuk menjaga pendengaran Anda. Seiring bertambahnya usia, kemungkinan kehilangan pendengaran semakin meningkat, apalagi jika Anda sering menyetel musik dengan volume full hingga berjam-jam.

Gangguan pendengaran pada orang dewasa juga bisa mengakibatkan kesulitan berpikir hingga kehilangan jaringan otak.

3. Main gawai sebelum tidur

Kebiasaan ini mungkin tanpa disadari kita lakukan sebelum tidur. Padahal, berselancar di internet atau sekedar chatting dengan teman sebelum tidur bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Cahaya biru yang dipancarkan oleh gawai, komputer, atau TV dapat mengacaukan tidur Anda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak jenis cahaya di malam hari dapat menyebabkan kanker, terutama kanker payudara dan prostat. Penelitian yang sama juga mengatakan bisa meningkatkan risiko diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

Sebaiknya Anda mulai menghindari penggunaan gawai sejam sebelum akan pergi tidur. Anda bisa membaca buku sebelum terlelap agar tidur Anda berkualitas.

4. Duduk terlalu lama

Sebagian besar masalah pekerjaan di era modern, adalah terlalu banyak duduk.Anda mungkin duduk selama 6-7 jam sehari di kantor, menatap layar komputer hingga jam kerja Anda selesai. Duduk juga menjadi kebiasaan yang merusak kesehatan.

Kondisi itu bisa menurunkan kerja metabolisme, sehingga kemungkinan Anda bertambah berat badan semakin tinggi. Duduk terlalu lama juga bisa mempengaruhi kerja jantung.

Agar tak terkena berbagai masalah kesehatan tersebut, Anda bisa mengambil waktu 10 menit untuk meregangkan badan atau berjalan kaki di sela-sela jam kerja Anda. Selain itu, jika gedung kantor Anda bertingkat, Anda bisa menggunakan tangga alih-alih eskalator agar tubuh bergerak.

5. Makan terlalu banyak

Makan terlalu banyak, meskipun makanan sehat, bisa menyebabkan berat badan Anda naik. Akibatnya Anda kemungkinan terkena masalah jantung, diabetes, hipertensi, bahkan kanker.

Sebaiknya Anda mulai memperhatikan porsi makan Anda, termasuk kudapan yang tanpa sadar Anda konsumsi saat menonton tv, atau minuman manis yang Anda pesan.

Anda juga bisa makan dengan sedikit lebih lambat. Makan terlalu cepat bisa membuat Anda merasa lapar dengan cepat pula. Mengunyah makanan perlahan akan memberikan kesempatan untuk menyadari bahwa Anda sudah cukup makan. Makan lebih sedikit, dan kunyah dengan baik, akan sangat membantu Anda merasa kenyang lebih awal.

6. Terlalu lama menghabiskan waktu sendiri

Terlalu banyak menghabiskan waktu sendirian meningkatkan kemungkinan Anda mengalami hipertensi, depresi, masalah otak seperti alzheimer, dan peradangan.

Itu sebabnya, Anda membutuhkan setidaknya seorang teman untuk berbicara atau sekadar menghabiskan waktu bersama. Jika Anda merasa sendirian, coba bergabung dengan komunitas sosial, atau berhubungan kembali dengan keluarga.

7. Terlalu banyak menonton TV

Dilansir dari The Healthy, menonton TV terlalu lama bisa berbahaya bagi kesehatan. Semakin sedikit aktivitas fisik yang Anda lakukan, semakin besar peluang Anda menderita diabetes. Menonton televisi terlalu lama juga memungkinkan Anda kesulitan fokus dan mengingat sesuatu.

Cobalah untuk mengatur waktu menonton TV Anda maksimal 2 jam sehari. Kemudian dilanjutkan dengan berolahraga ringan selama 30 menit sehari. Ini akan membantu Anda tetap fokus, dan bugar sepanjang hari.

8. Punya utang

Siapa sangka utang ternyata juga jadi kebiasaan merusak kesehatan. Masalah keuangan dapat menimbulkan konsekuensi kesehatan serius. Sebuah penelitian di Jurnal Psychosomatic Medicine pada 2016 terhadap 640 orang dewasa lanjut usia menemukan bahwa partisipan yang mengalami stress karena masalah keuangan memiliki cenderung memiliki penyakit. Hal itu dipengaruhi oleh menurunnya emosi positif dalam tubuh.

Mendapatkan keuangan yang stabil mungkin membutuhkan waktu lama. Anda butuh mengubah gaya hidup dan mengurangi membeli barang-barang mewah. Tetapi dengan finansial yang stabil, secara psikologis, Anda akan merasa tenang dan merasa aman.

Sumber : CNN Indonesia

GAYA HIDUP, Kesehatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • thirteen + 18 =