Blog

28 April 2021

8 Makanan yang Bisa Buat Kamu Menjadi Mengantuk Usai Mengonsumsinya

foto : freepik.com/jcomp

Makanan yang kamu konsumsi bisa memiliki dampak berbeda-beda pada tubuh. Kandungan yang tersimpan di dalam makanan merupakan penetu dari efek yang bisa ditimbulkannya.

Salah satu dampak yang mungkin kamu alami setelah makan adalah munculnya perasaan mengantuk. Hal ini terutama ketika kamu baru saja mengonsumsi makanan tertentu seperti nasi.

Munculnya rasa ngantuk dari makanan tertentu ini bisa terjadi karena kandungan yang tersimpan di dalamnya. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah makanan yang bisa munculkan rasa mengantuk usai mengonsumsinya dan membantu tidur di malam hari.

1. Almonds

Almonds memiliki kandungan magnesium di dalamnya yang membantu seseorang tidur lebih nyenyak di malam hari. Magnesium juga memberikan protein yang menmbantu menjaga kadar gula darah ketika tidur serta membuat seseorang tidur lebih nyaman.

2. Nasi

Nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi sehingga mengonsumsinya membuatmu lebih kenyang dan lebih cepat mengantuk. Hal ini lah yang menyebabkan nasi putih selalu identik dengan rasa mengantuk usai mengonsumsinya.

3. Kersen

Kersen memiliki kandungan melatonin tinggi di dalamnya yang membantu mengatur siklus tidur. Konsumsi kersen bisa membantu seseorang lebih cepat tertidur.

4. Ikan

Ikan seperti tuna dan salmon memiliki kandungan vitamin B6 yang tinggi dan dibutuhkan untuk memproduksi melatonin dan seratonin. Ikan ini juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang bisa menurunkan stres dan membantu istirahat lebih nyenyak.

5. Kacang Arab

Kacang Arab merupakan sumber vitamin B6 yang baik dan dibutuhkan untuk memproduksi serotonin yang bisa meningkatkan mood serta menghilangkan stres. Konsumsi kacang ini bisa membuatmu jadi cepat mengantuk dan tertidur.

6. Pisang

Kandungan tinggi potassium dan magnesium juga dapat diperoleh sari pisang yang membantu otot menjadi tenang. Makanan ini juga merupakan sumber vitamin B6 yang bisa mengubah tritofan menjadi serotonin.

7. Kale

Sayuran berdaun hijau seperti kale merupakan sumber potassium dan kalsium yang baik. Keduanya memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas tidur dan membuat ngantuk.

8. Ubi

Ubi bisa membantu tidur lebih nyenyak karena kandungan karbohidrat kompleks di dalamnya. Makanan ini juga merupakan sumber potassium yang bisa membuat otot menjadi lebih tenang.

Sejumlah makanan tersebut bisa membuat tubuh cepat mengantuk serta meningkatkan kualitas tidur. Konsumsi makanan ini di waktu yang tepat bisa memiliki manfaat yang optimal pada tubuh.

Sumber : merdeka.com

GAYA HIDUP, Ibu dan Anak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • 15 + 16 =