Blog

9 Februari 2021

Asap Erupsi Gunung Raung Setinggi 2.500 Meter, Abu Vulkanik Capai Bali

Asap kelabu pekat keluar dari Gunung Raung (Foto: Ardian Fanani/detikcom)

Erupsi Gunung Raung terus meningkat. Dari pengamatan di Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, asap dari aktivitas vulkanik Gunung yang berada di perbatasan Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso terlihat membumbung tinggi.

Asap membumbung tinggi hingga 2.500 meter di atas puncak. Asap terbawa angin hingga ke Bali.

Petugas PPGA Raung, Burhan Alethea, membenarkan hal tersebut. Gunung Raung terlihat nampak jelas mengeluarkan asap kelabu hingga hitam dengan intensitas sedang hingga pekat.

“Pukul 08.19 WIB, teramati asap kelabu hingga hitam intensitas tebal dengan tinggi 2.500 meter,” ujar Burhan kepada wartawan, Selasa (9/2/2021).

Arah angin sendiri condong ke arah Timur. Abu kemungkinan akan jatuh di sebagian kawasan Banyuwangi dan Bandara. Selain itu, pantulan cahaya api muncul dari gunung setinggi 3.332 mdpl itu.

“Suara gemuruh pun masih terdengar,” tambah Burhan.

Sementara untuk kegempaan, terjadi tremor menerus (Microtremor) terekam dengan amplitudo 3-32 mm (dominan 7 mm).

PPGA Raung juga mengirimkan VONA untuk penerbangan di Bandara di sekitar Gunung Raung. Salah satunya yakni Bandara Banyuwangi, untuk menentukan kebijakan dalam operasional penerbangan.

“Kita kirimkan VONA untuk penerbangan. Masih Yellow,” pungkasnya.

Sementara itu, berdasar pengamatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi sebaran abu vulkanik jika dilihat dari prakiraan sebaran abu vulkanik yaitu VAAC (Volcanic Ash Advisory Center) Darwin, prakiraan angin mengarah ke Timur dengan kecepatan 20 knot.

“Persebaran abu vulkanik diprakirakan mengarah hingga sampai Bali,” ujar Dita Purnamasari, Prakirawan BMKG Kelas III Banyuwangi kepada detikcom.

Dita juga menambahkan, secara umum wilayah Banyuwangi terpantau berawan. Namun pada siang hingga malam berpotensi hujan dengan intensitas ringan sampai sedang. Masyarakat juga diimbau untuk tetap waspada terhadap angin kencang beberapa hari ke depan.

Sumber : detikcom

NEWS

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • four × 4 =