Blog

17 Desember 2021

Bukan Hanya pada Telinga, Ketahui Dampak Negatif Mendengarkan Musik Terlalu Keras

Mendengarkan musik merupakan sebuah hal yang biasa dilakukan oleh banyak orang. Baik mendengarkan lagu dalam kondisi diam atau sambil melakukan aktivitas, hal ini biasa dilakukan dengan berbagai cara yang berbeda.

Kebiasaan seseorang dalam mendengarkan musik juga bisa berbeda-beda satu sama lain. Ada yang mendengarkan dengan volume sayup-sayup, namun ada yang mendengarkan musik dalam volume sekencang mungkin.

Mendengarkan musik dalam volume yang terlalu keras bisa menyebabkan masalah. Ketika kamu melakukannya dengan menggunakan headphone, volume yang terlalu keras bisa menimbulkan masalah. Walau begitu, menggunakan pelantang atau speaker juga bisa menimbulkan gangguan bagi orang di sekitarmu.

Mendengarkan musik dalam volume keras terutama pada musik-musik yang berisik bisa menimbulkan masalah pendengaran. Namun, tahukah kamu bahwa hal ini juga bisa merembet pada masalah kesehatan lain yang mungkin muncul?

Sejumlah dampak kesehatan bisa dialami oleh tubuh akibat kebiasaan mendengarkan musik terlalu keras ini. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah dampak yang bisa ditimbulkan pada tubuh akibat mendengarkan musik terlalu keras.

Masalah Telinga yang Muncul

1. Gangguan Pendengaran

Gangguan pendengaran adalah salah satu masalah kesehatan paling utama yang bisa disebabkan akibat mendengarkan musik terlalu keras. Ketika volume musik yang biasa kamu dengarkan lebih dari 90 desibel, maka gendang telinga mulai terganggu.

Jika kondisi ini dibiarkan dalam jangka panjang, semakin besar risiko terjadinya penurunan kemampuan untuk mendengar. Oleh karena itu pastikan kamu tidak menggunakan earphone atau headset terlalu lama dengan volume yang keras.

2. Infeksi Telinga

Infeksi telinga adalah salah satu efek yang bisa muncul dari kebiasaan mendengarkan musik terlalu keras. Pada earphone yang digunakan secara bergantian, hal ini bisa menyebabkan perpindahan bakteri yang menyebabkan infeksi.

GAYA HIDUP, Kesehatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • five − 3 =