Blog

15 Juli 2022

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi dengan Cepat Usai Puas Makan Kambing

Ilustrasi. Ada beberapa cara mengatasi kolesterol tinggi dengan cepat yang bisa Anda coba. (iStockphoto/chpua)

Kolesterol kerap jadi ancaman banyak orang di momen Iduladha. Tapi ada cara mengatasi kolesterol tinggi dengan cepat.

Tapi, Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa cara menurunkan kadar kolesterol dengan cepat yang bisa Anda lakukan.

Bukan rahasia lagi, kolesterol menjadi salah satu faktor risiko utama sejumlah penyakit kronis. Tingginya kadar kolesterol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Kolesterol sendiri merupakan lemak alami yang diproduksi oleh tubuh. Kolesterol juga bisa berasal dari makanan hewani. Daging merah, termasuk diantaranya daging kambing, serta sajian yang mengandung santan mengandung kolesterol tinggi.

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi dengan Cepat:

Agar bisa berpesta dengan aman, Anda perlu mengikuti beberapa cara berikut, mengutip berbagai sumber.

1. Kurangi asupan lemak jenuh

Dalam beberapa hari ke depan, Anda perlu mengurangi asupan lemak jenuh. Apalagi jika sebelumnya Anda telah berpesta dengan berbagai sajian daging kurban.

Mengutip Medical News Today, hindari beberapa makanan seperti daging sapi atau daging merah lainnya, kulit ayam, mentega, dan keju.

Kurangi juga penggunaan minyak sawit atau minyak kelapa berlebih. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan minyak zaitun yang lebih kaya akan lemak tak jenuh tunggal.

Asupan tinggi lemak jenuh hanya akan semakin meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Tambah asupan lemak tak jenuh

Kebalikan dari lemak jenuh, lemak tak jenuh justru bisa memberikan manfaat untuk kesehatan. Misalnya saja alpukat, kacang almond, biji-bijian, serta berbagai pilihan minyak nabati.

Menambah asupan lemak tak jenuh bisa jadi salah satu cara mengatasi kolesterol tinggi dengan cepat.

3. Perbanyak buah dan sayur

Serat pada buah dan sayur tak hanya menjaga kesehatan pencernaan, tapi juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Asupan ini juga membantu meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Selain buah dan sayur, Anda juga bisa mendapatkan asupan serat dari biji-bijian dan kacang-kacangan.

Namun, hati-hati juga untuk tidak mengonsumsi serat berlebih. Terlalu banyak serat bisa menyebabkan sembelit, perut kembung, dan sakit perut.

4. Olahraga

Sejumlah studi memperlihatkan olahraga teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik yang dibutuhkan tubuh.

Salah satunya, studi pada tahun 2019 menemukan, aktivitas fisik dengan intensitas sedang dan tinggi dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Jangan lupa untuk berolahraga setelah asyik berpesta dengan sate kambing. Jadikan olahraga sebagai salah satu cara mengatasi kolesterol tinggi dengan cepat.

Sumber : CNN Indonesia

GAYA HIDUP, Kesehatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.