Blog

22 Maret 2021

Jumlah Telur yang Boleh Dikonsumsi dalam Sehari

foto : freepik.com/timolina

TELUR adalah salah satu makanan paling bergizi. Satu telur utuh mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Telur merupakan sumber protein lengkap, kaya vitamin B12, vitamin D, dan beberapa antioksidan lainnya yang bersama-sama membantu agar tetap sehat dan mencegah penyakit kronis.

Tapi perlu diketahui, terlalu banyak mengonsumsi telur dalam sehari dinilai tidak baik untuk kesehatan karena adanya kandungan kolesterol tinggi pada kuning telur. Selain itu, terlalu banyak telur juga dapat menyebabkan sakit perut.

Seperti dilansir laman Times of India, inilah jumlah telur yang aman dikonsumsi dalam sehari:

Telur dan Kadar Kolesterol

Mengonsumsi terlalu banyak telur dalam sehari dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sebab, kandungan kolesterol dalam kuning telur yang tinggi. Satu kuning telur mengandung sekira 200 miligram kolesterol dan tingkat yang disarankan tidak lebih dari 300 mg per hari. Tetapi, penelitian terbaru menegaskan bahwa kolesterol makanan memiliki sedikit pengaruh pada tingkat kolesterol total dan kolesterol jahat dalam tubuh.

Bagusnya Berapa Banyak?

Berbicara mengenai berapa banyak telur yang bisa dikonsumsi dengan aman dalam sehari, tidak ada jawaban spesifik. Setiap orang berbeda-beda, sebab tergantung kondisi kesehatan masing-masing.

Berdasarkan penelitian terbaru, rata-rata orang sehat dapat dengan aman mengonsumsi hingga tujuh telur per minggu. Jika tidak menderita masalah kesehatan apa pun atau tak pernah merasakan efek samping apa pun, Anda dapat dengan mudah mengonsumsi hingga tiga telur dalam sehari.

Efek Samping Mengonsumsi Banyak Telur

Telur sangat sehat dan bergizi, tetapi tidak berarti dapat memakannya sebanyak yang diinginkan. Untuk hidup panjang umur dan sehat, penting memasukkan setiap jenis makanan sehat ke makanan sehari-hari. Makanan yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan dan hal yang sama berlaku untuk telur.

Sumber : okezone.com

GAYA HIDUP, Kesehatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • nineteen − ten =