Blog

12 Oktober 2022

Lakukan Sebelum Terlambat, Ini 3 Cara Alami Kurangi Kolesterol dalam Tubuh

foto : google

Kolesterol adalah salah satu jenis lemak yang terdapat di dalam tubuh. Kolesterol memiliki fungsi penting bagi tubuh. Namun, jika kadarnya melebihi batas normal, lemak ini akan menumpuk di pembuluh darah dan membentuk plak yang dapat menyumbat pembuluh darah.

Dalam tubuh manusia terdapat beberapa jenis kolesterol, yang pertama ada kolesterol total. Ini merupakan gabungan dari kolesterol baik, kolesterol jahat, dan trigliserida yang terhitung dalam setiap desiliter darah. Untuk trigliserida sendiri merupakan lemak yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, jadi bila semakin rendah kadarnya, maka akan semakin baik bagi tubuh.

Lalu yang ketiga ada kolesterol baik (HDL-High Density Lipoprotein) berfungsi untuk mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah akibat lemak. Terakhir ada kolesterol jahat (LDL-Low Density Lipoprotein) yang merupakan salah satu penyebab utama dari terbentuknya penyempitan pembuluh darah akibat lemak, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti ateroma, penyakit jantung, hingga stroke.

Terjadinya penyempitan pembuluh darah tersebut dapat berasal dari menu makanan sehari-hari, terutama beberapa makanan seperti daging bebek, jeroan, sampai makanan cepat saji, dan tentu menu makanan tersebut lebih banyak dikonsumsi oleh kalangan muda.

Walaupun sebenarnya kolesterol merupakan komponen lemak yang berperan penting untuk menjaga sel dan jaringan tubuh agar tetap berfungsi. Namun jumlahnya tidak boleh melebihi batas normal, yaitu kurang dari 100 mg/dL.

Jika kadar kolesterol dalam tubuh sudah terlalu banyak, dan tidak segera mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, maka resiko terkena penyakit jantung akan lebih besar. Tidak hanya itu, masih ada beberapa penyakit lain seperti penyumbatan bulu darah sampai stroke.

Demi mengurangi risiko terkena beberapa penyakit tersebut, dilansir dari mayoclinic.org terdapat 3 cara alami untuk mengurangi kadar kolesterol dalam sel darah agar tubuh menjadi lebih sehat. Tapi jangan lupa, tetap konsultasikan dulu hal-hal berikut ke dokter. Berikut panduannya:

Perhatikan Menu Makanan yang Sehat bagi Jantung

Beberapa perubahan dalam pilihan menu makanan harus menjadi hal yang diutamakan dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, berikut panduannya:

1. Kurangi Lemak Jenuh

Lemak jenuh terdapat pada beberapa menu makanan sehari-hari, seperti daging merah, susu full cream, dan makanan cepat saji. Untuk mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh maka kalian harus menghindari menu makanan yang mengandung lemak jenuh.

2. Meningkatkan Konsumsi Serat Larut

Serat larut dapat mengurangi penyerapan kandungan kolesterol yang masuk ke dalam sel tubuh. Beberapa pilihan makanan yang mengandung serat larut adalah oatmeal, kacang merah, apel, dan pir.

Kalian bisa mengkonsumsi beberapa makanan tersebut untuk lebih mengontrol kadar kolesterol yang masuk ke dalam tubuh.

3. Konsumsi Makanan yang Kaya akan Asam Lemak Omega-3

Makanan yang mengandung asam lemak omega 3 seperti salmon, biji rami, dan mackerel, memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi pada tubuh.

Alasannya karena beberapa menu makanan tersebut sama sekali tidak mengandung lemak jenuh.

Sumber : merdeka.com

GAYA HIDUP, Kesehatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.