Blog

23 Juni 2020

Manfaat Luar Biasa yang Didapat jika Makan Pepaya Tiap Hari

pexels.com/Alleksana

Seperti yang kita ketahui, pepaya memang menjadi salah satu buah tersehat yang kaya akan vitamin dan mineral, seperti fosfor, kalium, besi, magnesium, kalsium dan sebagainya. Maka dari itu, biasanya buah ini diselipkan pada menu diet.

Orang yang memakan pepaya sering mendapatkan berbagai manfaat kesehatan. Penasaran apa saja manfaat mengkonsumsi pepaya? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Selasa (23/6/2020).

1. Meningkatkan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam papaya menjadikannya salah satu buah terbaik untuk meningkatkan pencernaanmu setelah makan. Selain itu, kehadiran serat akan mencegah sembelit.

Mengkonsumsi satu porsi papaya bisa memenuhi kebutuhan harianmu akan asupan serat yang dibutuhkan untuk menjaga tubuhmu berfungsi dengan baik. Selain itu juga bisa mendetoksifikasi sistem pencernaan dan mempertahankan buang air besar secara teratur.

2. Perkuat Imunitas Tubuh

Pepaya mengandung sejumlah besar vitamin A dan vitamin C. Ini membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuhmu dan mencegah perkembangan infeksi.

Mengkonsumsi papaya secara teratur akan membantu menciptakan penghalang pelindung terhadap bakteri dan virus yang menyebabkan pilek, flu dan infeksi pernapasan lainnya.

3. Mencegah Penyakit Jantung

 

Oleh karena serat, potasium, dan vitamin yang dimuat oleh pepaya, pemakan buah ini akan tercegah dari penyakit kardiovaskular. Asupan potasium dapat mengurangi efek samping dari penyakit jantung.

4. Baik untuk Kulit

Kehadiran vitamin E dalam papaya menghentikan kerusakan sel dan mencegah pembentukan keriput dini.

Vitamin A memberikan kulit halus dan bebas noda. Vitamin C dan vitamin E meningkatkan produksi kolagen dan menjaga kulitmu tetap kencang.

Selain itu, papaya mengandung minyak esensial yang menjaga kelembaban kulit dan menurunkan gejala gangguan kulit seperti eksim dan psoriasis.

5. Mengurangi Peradangan

 

Pepaya mengandung enzim yang disebut papain dan chymopapain yang memiliki efek anti-inflamasi dan mengurangi risikomu mengalami penyakit kronis.

Enzim ini juga bisa mengobati masalah lain yang terkait dengan peradangan seperti rheumatoid arthritis, asam urat, edema dan lainnya.

6. Menyediakan Nutrisi Penting

Seperti yang telah disebut di atas, pepaya mengandung berbagai vitamin dengan sifat antioksidan, termasuk vitamin A, E dan C. Terdapat juga mineral seperti potasium, magnesium dan tembaga. Vitamin dan mineral menjadi sumber tenaga tubuh kita dan mendukung regenerasi sel.

Sumber : liputan6 (dm)

GAYA HIDUP, Mom & Kids

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • five × 4 =