Blog

15 Juni 2020

Masjid-Masjid Megah

Menurut fungsinya, masjid digunakan sebagai tempat ibadah umat Islam. Tapi, ada yang berbeda dengan dua masjid berikut ini. Kemegahan arsitekturnya dan keunikan bentuknya, membuat banyak orang tertarik beribadah sekaligus berwisata ke sini.

Masjid Sheikh Zayed

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Masjid yang punya julukan Mutiara Putih dari Teluk ini dibangun dengan biaya 3 milyar dirham. Saking megahnya, masjid Sheikh Zayed sukses jadi ikon baru Uni Emirat Arab (UEA). Nama masjid ini diambil dari nama pendiri dan Presiden pertama UEA yang juga di makamkan disana, Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan. Namun, ia meninggal pada tahun 2004 tanpa bisa melihat pembukaan masjid di tahun 2007. Pembangunan masjid memakan waktu 11 tahun sejak 1996. Cukup lama, ya? Luas bangunannya setara ukuran 5 kali lapangan sepakbola dan bisa menampung lebih dari 40.000 jamaah. Bagian interiornya dialasi karpet masjid beraneka ragam. Karpet terbesarnya, seluas 5000 m² dengan harga 30 juta dirham. Fasilitas lainnya adalah perpustakaan budaya Islam di lantai 3 menara bagian utara yang mempunyai koleksi 3.000 buku dengan 12 bahasa.

Masjid Shah Faisal

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Masjid megah ini terbilang unik karena bentuk kubahnya berbeda dari masjid pada umumnya. Bangunannya mengadopsi arsitektur wilayah Asia Selatan, Arab, dan Turki. Perpaduan inilah yang membuat Masjid Shah Faisal disebut sebagai salah satu contoh arsitektur Islam modern di dunia. Sang arsitek masjid ini, Vedat Dalokay merancang bangunan mirip kubah kulit kerang. Kubah unik itu menggambarkan tenda khas padang pasir yang berdiri dengan topangan empat balok raksasa yang ada di dalam masjid. Di bagian dalam masjid, nggak terlalu banyak tiang di tengah sehingga lebih terlihat lega. Di langit-langitnya, tergantung candelabra (lampu) hias raksasa seberat 75 ton. Sedangkan, dinding pada ruang shalat dihiasi dengan mosaik dan tulisan kaligrafi yang merupakan hasil karya seniman terkenal asal Pakistan, Sadequain. (dm)

Sumber : gadis.co.id

GAYA HIDUP, Khazanah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • 14 + 10 =