Blog

29 Juli 2020

MUI Jatim Imbau Salat Idul Adha Digelar, Tapi Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Ilustrasi Salat Berjemaah (Foto file: Amir Baihaqi/detikcom)

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur meminta tidak ada pihak yang melarang salat Idul Adha. Namun, salat id berjemaah harus dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yang ketat.

“Imbauannya supaya tetap melaksanakan ibadah salat Idul Adha. Namun tetap patuh dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Jadi ibadah tetap dilakukan tapi ketentuan yang menyangkut protokol kesehatan juga dilakukan,” kata Ketua MUI Jatim KH Abdusshomad Buchori kepada detikcom di Surabaya, Rabu (28/7/2020).

Kiai Somad, sapaan akrabnya mengatakan masjid yang menggelar salat id harus benar-benar menerapkan protokol kesehatan. Misalnya membatasi jumlah jemaah, memberikan jarak pada saf, hingga menyiapkan tempat cuci tangan.

“Masjid-masjid harus membatasi, protokol kesehatan jadi yang utama. Jangan sampai tidak ibadah, jangan sampai ada larangan orang tidak boleh salat id, ndak boleh. Jadi sama-sama jalan. Karena penyakit ini bisa diatasi dengan yang pertama lahiriyah protokol kesehatan, yang batiniyah melalui ibadah dan doa. Jadi bareng-bareng,” papar Kiai Somad.

Selain itu, kepada para pengkhotbah, Kiai Somad berpesan agar melakukan ceramah tak terlampau lama.

“Lalu untuk khotbah salat id tidak perlu terlalu lama. Termasuk juga dibatasi jemaahnya, misalnya di Al Akbar kalau salat biasanya bisa sampai 50 ribu sampai 10 ribu. Tapi untuk Idul Adhahanya 5 ribu. Jadi didata yang mau salat sudah terdata,” lanjutnya.

Sedangkan kepada para jemaah, Kiai Somad memiliki beberapa imbauan. Misalnya menggunakan masker, tidak berkerumun dan membawa sajadah dari rumah.

“Kepada jemaah jangan lupa memakai masker, jaga jarak, cuci tangan dengan sabun, bawa sajadah sendiri. Jadi seperti itu, ndak perlu berkerumun, begitu selesai ya langsung bubar,” pesan Kiai Somad.

 

NEWS

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • 2 × 4 =