Blog

20 November 2020

Pentingnya Istirahat yang Cukup untuk Kesehatan Tubuh

foto : freepik.com/yanalya

Seseorang yang bisa memenuhi kebutuhan istirahat atau tidur yang cukup tentu berdampak positif bagi kesehatannya. Sebaliknya, orang yang kurang tidur bisa berakibat buruk bagi kesehatan tubuh.

Berikut manfaat istirahat atau tidur yang cukup bagi kesehatan.

Berat badan sehat

Jika Anda sedang menjalankan diet menurunkan berat badan, mungin perlu juga merencanakan tidur lebih awal. Para peneliti di University of Chicago menemukan, diet yang baik dengan istirahat cukup menghilangkan lebih banyak lemak. Selain itu, seseorang juga akan merasa lebih lapar ketika kurang beristirahat atau tidur.

Meningkatkan memori

Selama tidur, itu dapat memperkuat daya ingat atau keterampilan yang dipelajari saat Anda terjaga. Hal ini merupakan proses yang disebut konsolidasi. Jadi, untuk meningkatkan daya ingat atau memori, tidurlah yang cukup.

Peradangan

Peradangan dikaitkan dengan penyakit jantung, stroke, diabetes, arthritis dan penuaan dini. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur dari enam jam, memiliki kadar darah lebih tinggi dari protein inflamasi dibanding mereka yang mendapatkan waktu tidur lebih banyak.

Sebuah studi 2010 menemukan, protein C-reaktif, yang berhubungan dengan risiko serangan jantung, lebih tinggi pada orang-orang yang punya enam atau lebih sedikit jam tidur malam.

Orang yang memiliki sleep apnea atu insomnia dapat mengalami peningkatan tekanan darah dan peradangan.

Sumber : lifestyle.okezone.com

GAYA HIDUP, Kesehatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • 20 − 17 =