Blog

5 April 2021

Perlukah Kita Menggunakan Handuk yang Sama untuk Wajah dan Badan?

ilustrasi handuk. ©wowbathroomideas.net

Tampilan wajah kita merupakan salah satu hal yang paling tampak dari kondisi kesehatan kulit kita. Selain itu, mencuci dan membersihkan wajah merupakan salah satu hal yang penting bagi kesehatan kulit.

Sayangnya, dalam perawatan kulit wajah sehari-hari ini sering terjadi kesalahan yang kita lakukan. Salah satu hal yang kerap tak disadari dan bisa berdampak sangat buruk adalah terkait penggunaan handuk.

Selama ini, banyak orang yang menganggap remeh masalah penggunaan handuk ini. Termasuk dengan tidak membedakan antara handuk yang digunakan di muka dengan handuk pada badan.

Kebiasan ini bisa berdampak sangat buruk pada kondisi kesehatan kulit wajahmu. Hal ini bisa menyebabkan bakteri berpindah dari badan ke wajah serta sebaliknya melalui perantara handuk yang kamu gunakan.

“Bakteri, jamur, serta sel kulit mati, minyak dan sejumlah debu bisa terkumpul di handuk dan bisa jadi penyebab infeksi, munculnya jerawat, serta infeksi,” terang dermatolog, Sejal Shah dilansir dari Byrdie.

Apa yang Terjadi ketika Kamu Tengah Mengalami Infeksi?

Ketika seseorang sudah mengalami infeksi, pakar kesehatan kulit dari New York, Joshua Zeichner, MD mengatakan bahwa ada hal yang perlu kamu perhatikan.

“Pada saat kamu mengalami luka terbuka atau kulit bermasalah atau sedang mengalami infeksi, kamu bisa menyebabkan bakteri dari badan ke wajah,” terang Zeichner.

“Sebagai tambahan, ketika kamu menghapus makeup yang bisa menempel di kulit, sebaiknya jangan menggunakannya di bagian tubuh lain. Selain itu, jika terdapat bercak kotoran di handuk baik dari tanah, makeup, atau cairan tubuh, sebaiknya bersihkan sebelum menggunakannya,” sambungnya.

Jenis Handuk yang Sebaiknya Digunakan

Sebagian besar handuk terbuat dari bahan terry cloth dan bahan tersebut bisa cukup kasar di kulit. Menggunakannya bisa menyebabkan gesekan yang cukup keras.

Menggosok kulit dengan handuk secara cukup keras bisa menghilangkan kandungan minyak alami dari kulit. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan handuk yang berbeda bagi badan dan wajah dan cuci secara teratur.

Bagi wajah, selain handuk, disarankan untuk menggunakan cleansing cloth yang cukup halus dan menenangkan kulit. beberapa jenisnya bahkan juga bisa menjadi penghapus make up. Cara ini bisa membuatmu tidak menggunakan handuk yang sama bagi wajah dan badan.

Sumber : merdeka.com

GAYA HIDUP, Ibu dan Anak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • 2 + 5 =