Blog

16 April 2021

Polisi Waspadai Pelabuhan Rakyat di Banyuwangi Jadi Jalur Tikus Mudik

Polisi melakukan sosialisasi penyekatan di Pelabuhan Ketapang (Foto: Ardian Fanani/detikcom)

Polisi bakal fokus pada penyekatan pemudik di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Meski begitu, pelabuhan-pelabuhan rakyat atau kecil juga menjadi perhatian, menyusul antisipasi jalur tikus bagi para pemudik dari Bali ke Jawa.

Di Banyuwangi, total ada 7 pelabuhan rakyat yang menjadi bersandarnya para kapal nelayan. Pelabuhan rakyat ini diprediksi menjadi jalur tikus pemudik saat arus mudik terjadi.

“Karena pada penyekatan di Banyuwangi itu hanya ada di Pelabuhan ASDP Ketapang. Oleh karena itu kita lakukan antisipasi di Pelabuhan rakyat. Ada 7 pelabuhan rakyat di Banyuwangi,” ujar Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin, Kamis (15/4/2021).

7 pelabuhan rakyat yang berpotensi menjadi jalur tikus pemudik adalah Pelabuhan Rakyat Bimorejo, Kecamatan Wongsorejo; Pelabuhan Rakyat Pantai Boom, Kecamatan Kota Banyuwangi; Pelabuhan Rakyat Blimbingsari; Pelabuhan Rakyat Muncar; Pelabuhan Rakyat Grajagan, Kecamatan Purwoharjo; Pelabuhan Pancer, Kecamatan Pesanggaran dan Pelabuhan Rakyat Rajegwesi, Kecamatan Pesanggaran.

“Kita akan jaga pelabuhan. Agar tidak ada sebagai jalur tikus masyarakat yang akan mudik dari Bali ke Jawa atau sebaliknya. Karena ada saja pemudik naik kapal ke Jawa atau sebaliknya,” pungkasnya.

Sementara itu sosialisasi larangan mudik terus dilakukan oleh polisi. Satuan lalu lintas (Satlantas) Polresta Banyuwangi terus melakukan sosialisasi kepada pengguna jalan terkait larangan mudik.

“Upaya dalam larangan mudik sudah menjadi ketetapan pemerintah. Maka kita lakukan sosialisasi agar masyarakat tidak terjebak, kalau mudik ya silakan balik kanan,” tegas Kompol Akhmad Fani Rakhim, Kasat Lantas Polresta Banyuwangi kepada detikcom.

Untuk pengamanan pelabuhan sebagai lokasi penyekatan pemudik, pihaknya bakal menurunkan 105 personel. Nantinya akan dibantu oleh stakeholder terkait, diantaranya Dishub, Satpol PP hingga petugas pelabuhan.

“Fokus kami disana. Mudah-mudahan tidak ada kegiatan yang menonjol. Kita All Out pengamanan di penyekatan pemudik di jalur Pelabuhan,” pungkasnya.

Sumber : detik.com

NEWS

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • four × one =