Blog

28 Agustus 2020

Sejumlah Hal yang Perlu Diketahui Orangtua Terkait Memotong Kuku Bayi

Ilustrasi Memotong Kuku Bayi. ©parenting.firstcry.com

Orangtua memiliki beragam tugas yang perlu dilakukan terhadap anak mereka terutama ketika masih bayi. Salah satu hal yang perlu dilakukan secara cermat adalah pada saat memotong kuku bayi.

Pada bayi yang baru lahir, kuku sebenarnya sangat lembut dan bisa memendek sendiri melalui kontak dengan pakaian mereka. Pada saat bayi bertambah besar, kuku juga bisa memendek ketika mereka bermain dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Pertumbuhan kuku bayi bisa cenderung cepat, walau begitu kamu bisa memendekkan dan merapikan kuku ketika dibutuhkan. Untuk melakukannya, orangtua membutuhkan guntung kuku khusus bayi.

Selain memotongnya, kuku bayi juga diapat dikikir agar lebih pendek. Hal ini membuat kuku mereka menjadi lebih mulus dan bisa terhindar dari luka yang mungkin terjadi.

Dilansir dari raisingchildren.net, memotong kuku bayi baru lahir disarankan untuk dilakukan pada saat buah hati tengah tertidur, sedang tidur, atau pada saat mengantuk. Sedangkan ketika bayi agak besar, kamu bisa mendudukkan mereka di kursi atau carseat dengan ditali lebih dahulu.

Cara Mudah Memotong Kuku Bayi

– Pastikan kamu berada di ruang yang cukup terang agar pandangan jelas.
– Lakukan dengan bantuan orang lain untuk memegangi bayi.
– Tarik jari bayi dengan perlahan dan pastikan tidak melukai kulit.
– Potong kuku secara lurus untuk mencegah kuku tumbuh ke dalam.

Bayi cenderung bisa melukai kulit mereka tanpa sengaja karena tidak memiliki kontrol yang baik pada tangan dan kaki. Kamu bisa menghentikan gerakan bayi dengan cara menutup tangan mereka dengan sarung tangan dan kaki dengan kaus kaki. Hanya saja pastikan untuk tidak terlalu sering menutupi jari bayi.

Sumber : merdeka.com

GAYA HIDUP, Ibu dan Anak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • 4 × 2 =