Blog

3 Februari 2021

Selain Minum Vitamin, Ini 5 Cara Mudah Memperkuat Daya Tahan Tubuh

foto : freepik.com/ijeab

Memperkuat daya tahan tubuh menjadi hal penting di masa pandemi covid-19 ini. Caranya bisa dengan mengonsumsi vitamin atau makanan bergizi.

Tapi ternyata masih banyak cara lain yang bisa membuat daya tahan tubuh lebih kebal atau meningkat. Apa saja? Berikut daftarnya, seperti dinukil dari laman Healthline

1. Tidur cukup

Mengatur jam tidur di tengah kesibukan memang sesuatu yang sulit. Akan tetapi jika Anda kurang istirahat, maka akan berdampak terhadap kesehatan tubuh. Kualitas tidur yang tidak memadai atau buruk dikaitkan dengan kerentanan yang lebih tinggi terhadap penyakit.

Dalam sebuah penelitian pada 164 orang dewasa yang sehat, mereka yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam lebih mungkin terkena flu daripada orang yang tidur 6 jam atau lebih setiap malam.

2. Konsumsi nabati

Makanan nabati utuh seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan polong-polongan kaya nutrisi serta antioksidan dapat membantu Anda melawan patogen berbahaya. Antioksidan dalam makanan membantu penurunan peradangan dengan memerangi senyawa tidak stabil yang disebut radikal bebas. Ini dapat menyebabkan peradangan ketika zat tersebut membangun tubuh Anda dalam tingkat tinggi.

3. Makan lemak sehat

Lemak sehat, seperti ditemukan dalam minyak zaitun dan salmon, dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh Anda terhadap patogen dengan mengurangi peradangan .

Meskipun peradangan tingkat rendah adalah respons normal terhadap stres atau cedera, peradangan kronis dapat menekan sistem kekebalan Anda.

4. Makanan fermentasi

Makanan fermentasi kaya akan bakteri menguntungkan yang disebut probiotik. Ini bisa mengisi saluran pencernaan Anda.

Makanan fermentasi ini termasuk yogurt, sauerkraut, kimchi, kefir, dan natto yang baik untuk membantu memperkebal daya tahan tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa jaringan bakteri usus yang berkembang pesat dapat membantu sel kekebalan Anda membedakan antara sel normal dan sehat dan organisme penyerang berbahaya.

5. Olahraga ringan

Kemudian olahraga secara teratur bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Terlebih lagi, olahraga teratur dapat mengurangi peradanganbdan membantu regenerasi sel kekebalan Anda secara berkala.

Sumber : okezone.com

GAYA HIDUP, Ibu dan Anak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • 20 − ten =