Blog

2 November 2022

Selain Rutin Minum Air Putih, Ini Tips Menjaga Kesehatan Ginjal yang Wajib Diketahui

foto : google

Sebagai salah satu organ penting dalam tubuh, ginjal memegang peranan dalam menyaring zat beracun agar bisa dikeluarkan kembali lewat urine. Inilah pentingnya untuk selalu menjaga kesehatan ginjal agar bisa menjalankan perannya dengan optimal, sehingga metabolisme tubuh bisa berjalan dengan baik.

Namun, sudahkah kamu tahu apa saja cara yang diperlukan untuk menjaga kesehatan organ tubuh yang satu ini? Cari tahu lebih jauh agar bisa sayangi ginjal dengan lebih maksimal yuk!

Penuhi Kebutuhan Air Putih Harian

Konsumsi air putih menjadi salah satu cara menjaga kesehatan ginjal yang banyak disarankan. Yup, konsumsi air putih nggak hanya untuk menghilangkan rasa haus saja. Tapi juga berperan penting untuk melancarkan proses penyaringan darah saat membuang limbah beracun yang dilakukan oleh ginjal.

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease, ginjal yang sehat punya kemampuan menyaring 150 liter darah setiap harinya. Dari penyaringan inilah kemudian ginjal membuang limbah yang tidak dibutuhkan tubuh dalam darah.

Nggak hanya itu saja, dengan mengonsumsi kebutuhan air putih yang cukup juga bisa membantu menjaga keseimbangan air dan mineral dalam tubuh. Keseimbangan inilah yang kemudian membuat saraf, otot, dan jaringan lainnya dapat berfungsi dengan normal.

Perhatikan Pola Makan Sehari-hari

Sudah bukan rahasia lagi kalau menjaga tubuh yang sehat bisa dilakukan dengan menjaga pola makan sehari-hari. Pasalnya, penyebab penyakit ginjal biasanya berasal dari tekanan darah tinggi dan diabetes. Jadi, menjaga pola makan dengan perbanyak konsumsi sayuran dan buah dapat mendukung ginjal tetap sehat.

Jangan lupa untuk menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi dan purin seperti jeroan. Pasalnya, jenis makanan ini bisa memicu asam urat yang akhirnya juga mempengaruhi kesehatan ginjal. Jangan lupa juga untuk membatasi asupan garam. Tekanan darah yang melonjak secara tiba-tiba bisa merusak pembuluh darah dan memberatkan kerja ginjal. Bahkan, ada juga yang menyebut jika hipertensi adalah faktor utama penyebab gagal ginjal.

Jangan Lupa Lakukan Olahraga Rutin

Olahraga juga menjadi salah satu trik umum yang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Nggak terkecuali ginjal. Dengan olahraga secara teratur, kegiatan ini bisa membantu mengontrol tekanan darah, glukosa, hingga kadar kolesterol. Ketiga hal ini memang jadi yang perlu diperhatikan untuk mencegah penyakit gagal ginjal yang bisa datang secara tiba-tiba.

Sesibuk apapun kegiatan sehari-hari, olahraga rutin tetap perlu dilakukan. Kamu bisa memilih jenis olahraga ringan seperti jalan santai, jogging, bersepeda, atau berenang. Jika dilakukan dengan disiplin, kamu bisa membantu tubuh menjaga kesehatan secara menyeluruh.

4 dari 4 halaman

Perhatikan Obat-Obatan dan Vitamin yang Dikonsumsi

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam menjaga kesehatan ginjal adalah kebiasaan mengonsumsi obat-obatan dan vitamin sehari-hari. Konsumsi obat yang terlalu sering dan dalam jumlah banyak bisa mengganggu kinerja dan fungsi ginjal.

Jadi, jangan pernah sembarangan minum obat dan vitamin. Pastikan konsultasikan dengan dokter terlebih dulu, terutama untuk obat-obatan yang dikonsumsi dalam jangka panjang. Hal ini penting untuk meminimalisir dampak obat-obatan tersebut terhadap kinerja ginjal.

Itu tadi beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal yang merupakan salah satu organ vital bagi tubuh. Yuk, saatnya sayangi diri sendiri dengan lebih memperhatikan kesehatan tubuh secara menyeluruh!

Sumber : merdeka.com

GAYA HIDUP, Kesehatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.