Blog

16 September 2020

Waspada dengan Benda disekitar Kita yang menjadi sarangnya kuman

foto : freepik

Pernahkah terpikirkan oleh kita, bahwa sejumlah benda atau barang yang ada disekitar kita menjadi sarangnya kuman dan bakteri? Benda-benda tersebut secara tidak langsung bisa menjadi ‘jembatan’ pengantar kuman dan bakteri ke tangan kita, sehingga bisa saja mengganggu kesehatan.

Maka dari itu, rajin mencuci tangan saat memegang benda tersebut menjadi salah satu solusi agar terhindar dari masalah kesehatan akibat kuman.

Agar lebih waspada, dilansir Liputan6.com, berikut benda atau barang yang bisa jadi sarang kuman:

Pulpen

Tak bisa dipungkiri, pulpen bisa menjadi penghantar kuman dari satu tangan ke tangan lain. Pasalnya, pulpen merupakan barang kecil yang kerap kita gunakan untuk melakukan aktivitas. Apalagi saat Anda menggunakan pulpen orang lain, bisa saja kuman itu beralih ke tangan Anda dan secara tidak sengaja tangan Anda gunakan untuk mengucek mata atau makan.

Sepatu

Memang kalau sepatu sendiri jarang digunakan oleh orang lain. tetapi beda cerita jika sepatu tidak rutin dibersihkan. Tentu kuman dan bakteri akan menempel di sepatu bahkan cenderung bisa menyebabkan bau tak sedap saat digunakan.

Pasalnya, hinggapnya kuman pada sepatu bisa terjadi saat sepatu terkena cipratan air hujan, atau terkena debu jalanan. Maka dari itu, alangkah baiknya rutin mencuci sepatu dengan sabun khusus dan selalu menggunakan hand sanitizer sesudah memegang sepatu.

Kaos

Kuman dan bakteri bisa menempel pada pakaian yang sedang kita gunakan, kaos misalnya. hal itu terjadi saat kita beraktivitas di luar atau saat badan mengeluarkan keringat dan menempel pada kaos.

Jika tidak rutin mengganti kaos, tentu akan menyebabkan masalah pada kulit Anda karena ada kuman dan bakteri yang menempel. Maka dari itu, selalu menggunakan kaos yang bersih dan selalu menggantinya jika sudah dari luar rumah.

Dompet

Dompet merupakan benda yang selalu dipegang saat ingin bertransaksi. Tak hanya itu, dompet juga berfungsi untuk menyimpan dokumen pribadi, seperti ATM, KTP dan bon belanja. Nah, barang-barang yang ada di dalam dompet bisa saja penghantar kuman.

Sebagai contoh, saat Anda menggunakan kartu ATM dan menggunakannya. Secara tidak langsung Anda pegang kartu tersebut agar dimasukan ke dalam mesin ATM. Proses memencet PIN dan mengambil uang dan mengembalikan kartu ATM ke dompet bisa menjadi cara kuman hinggap di dompet. Maka dari itu, rajin membersihkan dompet menjadi kunci agar kuman dan bakteri hilang di dompet.

Uang tunai

Mungkin sudah banyak orang mengetahui bahwa kuman dan bakteri selalu ada di uang tunai. Namun, banyak yang acuh dan menganggap hal itu sepele. Padahal, bisa dibilang kuman dan bakteri lebih cepat pindah dari uang tunai ke tangan.

Pasalnya, uang selalu digunakan dan secara langsung dipegang untuk melakukan segala bentuk transaksi. Maka dari itu, saatnya Anda perlu memperhatikan cara bertransaksi dengan sehat dan aman.

Sumber : liputan6.com

GAYA HIDUP, Kesehatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • five + 6 =