Blog

31 Agustus 2020

WHO Wajibkan Penggunaan Masker pada Anak 12 Tahun ke Atas

Ilustrasi masker kain. ©Pixabay

Penggunaan masker merupakan hal yang disarankan oraganisasi kesehatan dunia (WHO) untuk mencegah penularan COVID-19. Pada anak-anak, praktik penggunaan masker ini bisa cukup berbera.

Dalam laman resminya, salah satu yang diatur oleh WHO dan UNICEF terkait penggunaan masker pada anak adalah pemakaian masker sesuai kelompok usianya. Pembatasan kelompok usia ini bertujuan untuk memastikan masker sudah digunakan secara tepat.

Hal tersebut juga didasarkan berbagai faktor seperti potensi penularan COVID-19 pada anak, temuan bukti yang terbatas terkait penggunaan masker pada anak, serta kebutuhan psikososial dan capaian perkembangan. Dalam panduannya, WHO meminta agar anak-anak yang berusia 12 tahun ke atas untuk menggunakan masker seperti orang dewasa.

“Khususnya ketika mereka tidak dapat menjamin jarak minimal 1 meter dari orang lain dan ada penularan yang meluas di daerah tersebut,” tulis mereka.

Anak Usia 5 Tahun

Sementara, bagi anak di usia 6 sampai 11 tahun, penggunaan masker harus berdasarkan beberapa faktor yaitu:

– apakah terjadi penularan yang meluas di daerah tempat tinggalnya,
kemampuan anak untuk menggunakan masker dengan aman dan tepat,
– akses ke masker seperti pencucian dan penggantian masker di layanan tertentu seperti sekolah dan tempat penitipan
– pengawasan dan instruksi orang dewasa yang memadai kepada anak tentang cara melepas dan menggunakan masker dengan aman
– dampak potensial dari pemakaian masker pada pembelajaran dan perkembangan psikososial, dengan berkonsultasi dengan guru, orang tua/pengasuh dan/atau penyedia layanan medis
– kondisi dan interaksi khusus yang dilakukan anak dengan orang lain yang berisiko tinggi mengembangkan penyakit serius, seperti orang tua dan orang dengan kondisi kesehatan lain.
– Selain itu, WHO menyatakan bahwa anak-anak berusia 5 tahun ke bawah tidak diharuskan menggunakan masker.

“Secara umum, anak usia 5 tahun ke bawah tidak perlu memakai masker,” tulis mereka.

Namun, ada beberapa kondisi ketika anak-anak berusia di bawah 5 tahun yang disarankan menggunakan masker seperti kebutuhan khusus dalam situasi tertentu seperti mereka yang dekat dengan orang sakit. Ketika anak menggunakan masker ini, orangtua atau pengasuh harus memantau langsung terkait penggunaan masker yang aman.

Sumber : merdeka.com

GAYA HIDUP, Ibu dan Anak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • twelve − eleven =