Blog

11 Oktober 2019

Ayo Gerak, Jangan Mager

Tidak sedikit orang yang kemudian suka dengan malasan di kasur seharian apalagi di saat cuaca mendung dan gerimis? Namun harus diingat sahabat. Kita harus cukup waspada, karena mager atau malas gerak lama-kelamaan memiliki dampak negatif pada tubuh. Mulai dari timbulnya beberapa penyakit hingga kehidupan sosial kita bisa terganggu karena kebiasaan satu ini nih.

Berikut ini bahaya yang bisa ditimbulkan karena sering mager:

  1. Obesitas

Bahaya pertama yang bisa ditimbulkan dari keseringan mager adalah obesitas. Gerak aja malas, apalagi berolahraga pastinya lebih malas kan? Nah itulah yang menjadi salah satu penyebab kenapa kita bisa obesitas jika kebiasaan ini nggak segera dihilangkan. Apalagi jika kita sukanya mager sambil ngemil, wah bahaya sekali sahabat. Karena kurangnya gerak maka metabolisme tubuh juga akan melambat sehingga bisa menjadi lebih gemuk.

  1. Mengundang banyak penyakit berbahaya

Setelah obesitas tapi masih tetap meneruskan kebiasaan mager? Waspadalah karena sebentar lagi penyakit berbahaya bisa menghampiri lho ya. Penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung hingga stroke bisa terjadi pada seseorang yang obesitas. Jadi jika kita sudah merasa kegemukan, maka sebisa mungkin hindari untuk mager dan cobalah untuk berolahraga dan bergerak sebanyak mungkin.

  1. Tulang keropos

Berapa usia anda kini? Tentu tak ingin kan dengan usia anda saat ini terkena pengeroposan tulang atau osteoporosis? Nah lebih baik mulai sekarang kita hilangkan kebiasaan mager. Karena jarang bergerak atau berolahraga bisa membuat kepadatan tulang kita menjadi melemah. Hal ini bisa terjadi karena otot-otot di sekitar tulang menjadi lemah sehingga bisa membuat tulang keropos.

  1. Sering mengalami stres

Tak hanya penyakit fisik saja, mager juga bisa membuat memperburuk kesehatan mental dengan mudah mengalami stres. Sebab, jika kita selalu malas bergerak maka bisa juga mengakibatkan bosan hingga akhirnya stres. Hormon endorfin yang membuat kita bahagia tidak muncul saat kita hanya malas-malasan saja sehingga bisa berujung timbulnya  gangguan mental seperti stres hingga depresi lho Teens.

  1. Jadi kurang pergaulan dan anti sosial

Mager dan hanya di rumah saja bisa membuat anda menjadi seseorang yang kurang pergaulan. Saat diajak teman tentu ada saja alasan karena malas untuk keluar rumah, pun demikian saat ada relasi yang ingin membicarakan urusan pekerjaan diluar jam kerja. Jika demikian, berarti anda sudah ingin menutup diri dengan alasan mager. Teman maupun relasi pun akhirnya malas mengajak lagi dan akhirnya nggak peduli lagi dengan diri kira. Jadi, ayo biasakan diri dari sekarang untuk tidak bermalas – malasan lagi di waktu senggang, anda bisa untuk memulai merubah gaya hidup mager ini menjadi lebih bermanfaat salah satunya yakni dengan berolahraga.

ARTIKEL, Sehat Bersama Yasmin

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • nine − seven =